Hasil Riset: Toleransi Bekerja secara Berbeda pada Situasi Berbeda

Tindak kekerasan ternyata tidak hanya berlangsung pada kelompok luar yang memiliki keyakinan berbeda, tetapi juga pada kelompok yang memiliki keyakinan sama.

 Ketua Program Studi S3 Universitas Brawijaya, Lukman Hakim (tengah), bersama Ketua Pusat Studi Media, Literasi, dan Kebudayaan, Abdul Wahid (kiri), dan Peneliti CYDA, Ezra, pada Refleksi Toleransi Jawa Timur 2021, di Malang, Jawa Timur, Jumat (26/11/2021).  (Istimewa/CYDA Universitas Brawijaya)

SOLOPOS.COM - Ketua Program Studi S3 Universitas Brawijaya, Lukman Hakim (tengah), bersama Ketua Pusat Studi Media, Literasi, dan Kebudayaan, Abdul Wahid (kiri), dan Peneliti CYDA, Ezra, pada Refleksi Toleransi Jawa Timur 2021, di Malang, Jawa Timur, Jumat (26/11/2021). (Istimewa/CYDA Universitas Brawijaya)

Solopos.com, MALANG — Ajaran agama, keyakinan, sikap, dan perilaku orang-orang yang bertentangan dengan keyakinan agama terdalam seseorang tidak mudah ditoleransi dan sering dipandang sebagai ancaman. Toleransi bekerja secara berbeda pada situasi yang berbeda.

Demikian salah satu kesimpulan hasil penelitian Centre for Policy Studies and Data Analysis atau CYDA Universitas Brawijaya. Berdasarkan hasil penelitian itu indeks toleransi Jawa Timur berada pada angka 73,8 (baik), namun pada daerah tertentu trennya menurun dalam tiga tahun terakhir.

Espos Plus

Data dan Fakta Risiko Bencana Jakarta dan Kaltim

+ PLUS Data dan Fakta Risiko Bencana Jakarta dan Kaltim

Pulau Jawa memiliki paparan risiko bencana tinggi dibanding pulau lain, namun indeks risiko bencana lebuh tinggi dimiliki Kalimantan Timur dibanding DKI Jakarta.

Terpopuler Hari Ini

Laporkan Yusuf Mansur ke Polisi, Darmansyah: Saya Menolong Beliau

Berselang beberapa tahun kemudian, PNS asal Surabaya, Jawa Timur tersebut memperkarakan Yusuf Mansur ke Mabes Polri.

Ini Dia Bripka Singgih, Polisi Sragen Si Ahli Hipnosis

Seorang anggota Polres Sragen bernama Bripka Singgih Pambudi Rachmat, diganjar penghargaan dari Kapolres karena aksinya menolong orang lain melalui hipnosis.

Alas Ketonggo Ngawi, Gerbang Alam Gaib Gunung Lawu?

Kisah misteri tentang Alas Ketonggo di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, yang diyakini sebagai gerbang menuju alam gaib di Gunung Lawu.

Ribuan Tenaga Honorer di Karanganyar Terancam Nganggur

Para tenaga honorer di Karanganyar resah dengan kebijakan pemerintah pusat yang akan menghapuskan status mereka mulai tahun depan.

Wisata Kahyangan Wonogiri, Tempat Semedi Panembahan Senopati Mataram

Berdasarkan legenda yang ada, Kahyangan menjadi tempat pesinggahan Penembahan Senopati Mataram.

Guru dan Siswa Terpapar Covid-19, PTM di SMA Warga Solo Dihentikan

PTM di SMA Warga Surakarta dihentikan sementara mulai Kamis (27/1/2022) setelah ditemukan 12 orang guru, siswa, dan karyawan terkonfirmasi positif Covid-19.

Honorer Dihapus, Pemkot Solo Bingung Cari Solusi Kekurangan Pegawai

Pemkot Solo belum menemukan solusi untuk mengatasi masalah kekurangan pegawai terutama untuk bidang pendidikan dan kesehatan apabila tenaga honorer atau TKPK dihapus 2023 mendatang.

Asal Usul Bekonang Sukoharjo, Berasal dari Nama Senopati Majapahit

Inilah asal usul nama desa Bekonang, Sukoharjo yang ternyata berasal dari nama senopati Kerajaan Majapahit.

Darmansyah Peroleh Kembali Dana Setelah Laporkan Yusuf Mansur ke Polisi

Darmansyah yang warga Surabaya, Jawa Timur itu menanam dananya senilai Rp48 juta pada tahun 2013.

Ini Deretan Warisan Pengusaha Terkaya Asia dari Semarang yang Disita

Inilah deretan harta warisan peninggalan si pengusaha terkaya Asia dari Semarang, Jawa Tengah, Oei Tiong Ham.

Warisan Pengusaha Terkaya Asia dari Semarang Disita Rezim Sukarno?

Aset warisan pengusaha terkaya se-Asia dari Semarang, Jawa Tengah, Oei Tiong Ham, disita negara pada pemerintahan Presiden Sukarno tahun 1961.

Misteri Akhir Hayat Pengusaha Terkaya Asia Semarang: Warisan Disita

Akhir hayat Oei Tiong Ham si pengusaha terkaya Asia dari Semarang, Jawa Tengah, menyimpan misteri. Baik tentang penyebab kematian hingga sengketa harta warisan.

Jembatan Tambakboyo Sukoharjo Dibangun Lagi, Semoga Rampung Februari

Kontraktor pelaksana proyek pembangunan jembatan Tambakboyo berupaya merampungkan pekerjaan secepatnya, karena hal ini erat hubungannya dengan sanksi denda keterlambatan.

Bukan Di Bawah Umur, Polisi Ungkap Fakta Baru Begal Payudara Sragen

Kapolres Sragen AKBP Yuswanto Ardi memastikan pelaku begal payudara bukan anak di bawah umur. Usianya 25 tahun dan terindikasi depresi.

Intip Istana Megah Pengusaha Terkaya Asia di Semarang

Kondisi Istana Pamularsih, salah satu peninggalan pengusaha terkaya Asia dari Semarang kini sangat memprihatinkan.

Ini Total Harta Kekayaan Pengusaha Terkaya Asia dari Semarang

Tidak ada yang tahu pasti total harta kekayaan pengusaha terkaya Asia asal Semarang, Oei Tiong Ham, karena asetnya pun sulit didata saking banyaknya.