Hasil Rapid Test Semua Nonreaktif, Simulasi PTM SMP Solo Mulai Jalan Rabu
Siswa kelas IX SMP Negeri 4 Solo antre dengan menjaga jarak saat mencuci tangan sebelum memasuki kelas pada Simulasi Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di halaman SMP Negeri 4, Solo, Selasa (13/10/2020). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO -- Hasil rapid test deteksi Covid-19 terhadap siswa SMP Kota Solo, Senin (2/11/2020), sebagai syarat mengikuti simulasi pembelajaran tatap muka atau PTM semuanya nonreaktif.

Dengan begitu, simulasi PTM tingkat SMP itu bisa berjalan mulai Rabu (4/11/2020). Informasi yang Solopos.com peroleh, rapid test SMPN 4 Solo menyasar 119 siswa dan 63 guru dan karyawan.

Kemudian SMP Al Azhar Syifa Budi menyasar 19 siswa dan 45 guru dan karyawan. Terakhir MTsN 1 Solo rapid test menyasar 96 siswa dan 103 guru dan karyawan.

Dokter RS Swasta Sukoharjo Dan Suaminya Meninggal, Anaknya Juga Positif Covid-19

“Nonreaktif, besok [Rabu] sudah mulai PTM, sudah dapat izin untuk pelaksanaan,” ujar Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Solo, Dwi Ariyatno, Selasa (3/11/2020).

Menurutnya, tiga SMP Kota Solo itu sudah mempersiapkan diri, sehingga ia berharap pelaksanaan PTM dapat berjalan lancar. “Semuanya kan sudah mempersiapkan diri, mulai dari sarana prasarana sekolah hingga video panduan PTM. Tinggal pelaksanaan, semoga lancar,” imbuh Dwi.

Ia menegaskan para peserta simulasi PTM akan kembali menjalani rapid test pada akhir tahap pertama atau sekitar dua pekan mendatang.

Konfirmasi Positif Covid-19 Solo Tambah 36, Paling Banyak Dari Jebres 13 Kasus

Hal ini untuk memantau kondisi warga tiga SMP Kota Solo itu antara sebelum dengan sesudah mengikuti simulasi PTM. Peserta simulasi PTM tahap kedua akan menjalani hal yang sama.

Perluasan Jam Pelajaran

“Yang kedua juga sama. Mereka akan menjalani rapid test pada awal dan akhir pelaksanaan tahap PTM,” imbuhnya.

Sementara itu, Dwi mengatakan jika simulasi PTM berjalan lancar akan ada perluasan jam pelajaran dan perluasan peserta mulai Desember. Saat ini PTM akan berlangsung hanya dua jam penuh tanpa jeda istirahat dan hanya menyasar siswa Kelas IX.

Segera Meluncur! Video Simulasi Panduan Hajatan Dengan Protokol Kesehatan Untuk Warga Boyolali

“Kalau lancar, arahnya nanti perluasan waktu dan peserta. Yang tadinya dua jam tanpa waktu istirahat, nanti mungkin lima jam dengan waktu istirahat. Begitu juga dengan pesertanya, akan ada tambahan siswa Kelas VIII,” ujarnya.

Namun, hal itu juga mempertimbangkan kesiapan sumber daya manusia (SDM) sekolah. Mengingat dalam simulasi PTM SMP Kota Solo ini guru juga terlibat dalam pemantauan.

Simulasi PTM, SMAN 3 Solo Andalkan Kamera CCTV Untuk Pantau Jaga Jarak Antarsiswa

Pemberitaan sebelumnya, warga tiga sekolah peserta simulasi PTM tingkat SMP Solo menjalani rapid test, Senin (2/11/2020) di sekolah masing-masing.

Uji cepat itu untuk mendeteksi penularan Covid-19 ini sebagai persiapan simulasi PTM mulai Rabu (4/11/2020). Ketiga sekolah itu adalah SMPN 4, SMP Al Azhar Syifa Budi, dan MTsN 1.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom