SOLOPOS.COM - Live update Pilpres AS yang disiarkan Google merujuk data Associated Press. (google.com)

Solopos.com, WASHINGTON DC -- Pacuan siapa yang bakal memenangi pemilihan presiden AS 2020 makin panas. Sementara ini, capres dari Partai Demokrat, Joe Biden, masih unggul electoral vote dengan 264 suara. Sementara capres petahana dari Partai Republik, Donald Trump, meraih 214 electoral vote.

Berdasarkan pengamatan dari live update pilpres AS 2020 yang ditayangkan Google merujuk data dari Associated Press (AP), Kamis (5/11/2020) pagi, kedua capres memenangi jumlah negara bagian yang sama. Keduanya menang di 23 negara bagian.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ingin Hitung Suara Pilpres AS Dihentikan, Kubu Biden Tuding Trump Memalukan

Seperti diketahui, AS memiliki 50 negara bagian dan satu daerah khusus, yakni Washington DC. Dengan demikian, sudah 46 negara bagian yang dapat diketahui siapa pemenangnya. Tersisa lima negara bagian yang belum diketahui siapa pemenangnya.

Lima negara bagian tersebut yakni Pennsylvania (20 electoral vote), North Carolina (15), Georgia (16), Alaska (3) dan Nevada (6). Empat negara bagian yang disebutkan lebih awal cenderung Republikan. Artinya kemungkinan besar Trump menang di empat negara bagian ini. Jika demikian, maka electoral vote maksimal yang bisa dikumpulkan Trump adalah 264 dari total 538.

Hasil Pilpres AS: Saat Trump dan Biden Klaim Kemenangan

Sementara Nevada kemungkinan dimenangi Demokrat yang membuat Biden kemungkinan bisa meraup 270 dari total 538 electoral vote. Dengan terpenuhinya electoral vote minimal, Biden bakal menjadi orang nomor satu di negara adidaya tersebut.

Apakah ini yang akan terjadi? Kita tunggu saja.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya