SOLOPOS.COM - Ilustrasi penghitungan suara hasil pemilu (Abdullah Azzam/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA — Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) mengajak seluruh masyarakat untuk pro aktif memantau proses rekapitulasi suara berjenjang yang saat ini sudah sampai pada tingkatan kecamatan (PPK).  Tujuannya untuk meminimalisir kecurangan.

Penegasan tersebut disampaikan Koordinator Nasional JPPR, M. Afifuddin, dalam siaran persnya di Jakarta, Minggu (13/7/2014). “Hal ini penting untuk menjaga kualitas pemilu kita sekaligus mengantisipasi kecurangan dan manipulasi suara seperti yang marak saat pileg [pemilu legislatif lalu,” tuturnya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Afif meyakini bahwa proses rekapitulasi pada tingkat kecamatan tersebut sangat rawan dilakukan kecurangan oleh oknum tertentu. Menurut Afif, masyarakat harus terus mendorong Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk tetap menjaga profesionalitasnya dalam melakukan perhitungan manual yang saat ini sedang berjalan.

“Di antara titik rawan saat rekap adalah proses di kecamatan yang saat ini sedang berjalan. Pada bagian lain, hiruk pikuk hasil quick count jangan sampai membuat KPU terintervensi,” tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya