SOLOPOS.COM - Ilustrasi penghitungan suara hasil pemilu (Abdullah Azzam/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA — Dalam gelaran rapat pleno terbuka rekapitulasi suara tingkat nasional, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan pasangan Jokowi-JK sebagai pemenang di provinsi Sulawesi Tengah. Suara yang diperoleh pasangan nomor urut 2 ini pun terbilang cukup signifikan dibanding rivalnya, Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

Proses rekapitulasi ini terbilang sangat lancar dan berlangsung singkat. Dimulai pada pukul 14.30 WIB dan selesai pada pukul 14.40 WIB. Tidak ada masalah atau keberatan dari kedua belah saksi tim pasangan. Ketua KPU Sulawesi Tengah, Sahran Raden, mengatakan tidak ada catatan khusus dari KPUD.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hanya ada kejadian khusus atau keberatan yang diajukan oleh saksi berupa koreksi jumlah pemilih tetap (DPT) di 3 kabupaten. “Tidak ada catatan khusus hanya saja kejadian khusus atau keberatan yang diajukan saksi,” ujar Sahran di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (21/7/2014), seperti dikutip Detik.

Ekspedisi Mudik 2024

Adapun ketiga kabupaten tersebut adalah Sigi, Buol dan Toli-Toli. Namun hal tersebut sudah dikoreksi saat rekapitulasi tingkat provinsi. Di provinsi Sulawesi Tengah, Prabowo-Hatta mendapatkan 632.009 suara dan Jokowi-JK: 767.151 suara. Total suara sah mencapai 1.399.160 dan suara tidak sah 0,61%.

Sebelumnya, pembahasan suara provinsi Maluku juga menunjukkan pasangan Jokowi-JK unggul dari Prabowo-Hatta dengan selisih tipis. Pembacaan hasil rekapitulasi penghitungan suara dari Provinsi Maluku berlangsung relatif cepat sekitar 20 menit dan tak ada masalah signifikan yang dibahas.

“Dengan demikian kita sampaiakan apresiasi kepada KPU dan Bawaslu Maluku. Dan rekap penghitungan suara provinsi Maluku ditetapkan,” kata ketua KPU Husni Kamil Manik sambil mengetok palu tanda sahnya rekap suara Maluku.

Berdasarkan data yang disahkan tersebut, pasangan Jokowi-Jusuf Kalla unggul dengan perolehan 443.040 suara, sementara pasangan Prabowo-Hatta memperoleh 433.981 suara. Angka partisipasi memilih di provinsi Maluku sebesar partipasi 71,20 persen dengan suara sah sebanyak 877.021 suara dan tidak sah 4.427 suara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya