SOLOPOS.COM - Joko Widodo-Jusuf Kalla (JIBI/dok)

Solopos.com, BANTEN — Perolehan suara Jokowi-JK di Provinsi Banten kalah dibandingkan perolehan suara Prabowo-Hatta. Berdasarkan hasil real count internal PDIP, Jokowi-JK mendapat suara 43% dan lawannya 57% atau selisih 14%.

Tetapi anehnya ketika diminta untuk menanggapi perolehan suara tersebut justru bilang sangat puas. “Sangat puas,” katanya di kantor DPD PDIP Banten di Serang, Banten, Rabu (16/7/2014).

Promosi Hari Ini Jadi Cum Date Dividen Saham BBRI, Jangan Ketinggalan THR dari BRI

Alasannya, ketika survei pertama suara di Banten, Jokowi-JK hanya mendapatkan 26% suara. Tetapi ketika Pilpres 2014, suara Jokowi-JK melonjak hampir dua kali lipat menjadi 43% sehingga melampaui ekspektasi tim pemenangan.

Ekspedisi Mudik 2024

Menurutnya perolehan suara Pilpres 2014 harus dibedakan dengan hasil Pemilu Legislatif 2014 karena setiap kubu mempunyai kekuatan partai koalisi masing-masing. Kubu Prabowo lebih kuat dengan dukungan enam partai politik dan Jokowi mendapat dukungan lima partai politik.

“Iya kan beda, ini ada koalisi dan lain-lain, jadi kenaikan ini kita ikuti. Lonjakan seperti ini kita ikuti. Jadi bukan masalah menang dan kalah, setiap provinsi daerah punya kondisi yang berbeda-beda,” ujar Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya