SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA–Jokowi-JK unggul di sejumlah negara di Eropa, termasuk di Serbia. Mereka unggul dari pasangan Prabowo-Hata dengan selisih cukup jauh.

Seperti dilansir detik.com, dalam rilis yang dikirim pihak KBRI Beograd, Kamis (10/7/2014), penghitungan suara dilakukan tanggal 9 Juli 2014 di Ruang Serbaguna KBRI Beograd. Total ada 67 surat suara sah yang dicoblos WNI di Serbia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hasilnya Jokowi-JK memperoleh 55 suara (82,1%) dari 67 surat suara sah. Sementara Prabowo Subianto-Hatta Rajasa memperoleh 12 suara atau 17,9%.

Acara penghitungan suara ini dihadiri oleh Dubes RI untuk Serbia, Bapak Semuel Samson, dan seluruh Staf KBRI Beograd, serta WNI yang berdomisili di Beograd, Serbia, dalam suasana hangat dan kekeluargaan. Penghitungan suara di Beograd dan di Perwakilan RI di luar negeri lainnya bersamaan waktunya dengan pelaksanaan pemilihan umum secara nasional di tanah air.

Sementara itu, pelaksanaan pemungutan suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden RI 2014 telah dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 5 Juli 2014 yang lalu untuk dapat mengakomodir seluruh WNI di Serbia untuk menggunakan hak pilihnya di TPSLN Beograd pada hari Sabtu, yang merupakan hari libur bagi pekerja di Serbia.

Pelaksanaan Pemungutan Suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden RI telah diikuti oleh 67 orang, yang terdiri dari 33 pemilih laki-laki dan 34 pemilih perempuan, dengan jumlah surat suara yang diterima dari KPU Pusat adalah berjumlah 67 surat suara.

Dengan demikian, tingkat partisipasi WNI di Serbia pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden kali ini mencapai 100%.

Semangat dan antusiasme warga negara Indonesia di Serbia terhadap pelaksanaan Pemilu langsung Presiden dan Wakil Presiden RI 2014 ini menunjukan proses pematangan rakyat atas kesadaran berdemokrasi dan juga besarnya harapan rakyat akan Indonesia yang lebih baik.

Kalah Telak

Sementara itu penghitungan pilpres di TPS KBRI di Brasilia, Brasil sudah rampung. Hasilnya, suara pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) unggul jauh di atas Prabowo-Hatta.

Menurut staf Konsuler dan Protokol KBRI di Brasilia, Charles Samosir, yang menggunakan hak pilihnya ada sebanyak 43 orang. Dua kertas suara dinyatakan tidak sah karena rusak.

“Pasangan Prabowo-Hatta 8 suara, Jokowi-JK 33 suara,” kata Charles saat dihubungi, Rabu (9/7/2014).

Sebenarnya ada banyak WNI yang tinggal di negeri samba ini. Namun sebagian besar berada di luar Brasilia.

Alhasil pihaknya belum dapat merampungkan seluruh penghitungan suara Brasil. Pihaknya masih menunggu hingga 14 Juli kertas suara yang dikirimkan melalui pos dari berbagai wilayah di Brasil.

“Sudah masuk 70 persen tapi belum bisa dihitung. Baru setelah tanggal itu dihitung,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya