SOLOPOS.COM - Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (JIBI/dok)

Harianjogja.com, SEMARANG—Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo memantau langsung pelaksanaan rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2014 di Kantor Komisi Pemilihan Umum Jateng di Semarang, Jumat (18/7/2014).

Rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan perolehan suara di tingkat Provinsi Jateng yang dipimpin oleh Ketua KPU setempat Joko Purnomo itu antara lain dihadiri oleh perwakilan Badan Pengawas Pemilu Jateng, kepolisian, TNI, serta saksi dari pasangan calon presiden dan partai politik.

Promosi BRI Optimistis Bisnis Remitansi Tumbuh 25% Selama Ramadan dan Lebaran 2024

Ganjar yang mengikuti rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan perolehan suara selama beberapa saat itu menilai bahwa salah satu tahapan Pemilu Presiden 2014 di tingkat provinsi tersebut berjalan dengan baik.

“Satu putaran [rekapitulasi penghitungan perolehan suara Kabupaten Cilacap] yang saya ikuti tadi bagus, saksi-saksi menyampaikan kritiknya juga bagus dan menurut saya oke-oke saja,” katanya.

Ekspedisi Mudik 2024

Ia mengharapkan semua pihak terkait menggunakan dan menampilkan data yang ada pada rekapitulasi penghitungan perolehan suara sehingga jika ada koreksi dapat dilakukan secara transparan.

Menurut dia, kalau rekapitulasi di tingkat kabupaten/kota sudah selesai dilaksanakan maka rekapitulasi di tingkat provinsi sebagai konfirmasi data.

“Jadi logikanya sudah selesai dan kalau hasil nasional sudah tahulah karena seluruh kabupaten/kota sudah melaporkan,” ujarnya.

Ganjar mengaku tidak bisa mengikuti rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilu Presiden di Kantor KPU Jateng karena akan melakukan pemantauan amblesnya Jembatan Comal, Kabupaten Pemalang.

Sementara itu, ratusan anggota kepolisian dan TNI terlihat melakukan pengamanan proses rekapitulasi penghitungan perolehan suara di Kantor KPU Jateng.

Kapolrestabes Semarang Kombes Pol. Djihartono mengatakan bahwa pihaknya mengerahkan 800 personel yang di “back-up” Polda Jateng sejumlah satu satuan setingkat kompi serta 60 anggota TNI.

“Pengamanan juga dilakukan sebelum rapat pleno dimulai dengan sterilisasi ruangan oleh tim penjinak bom, selain itu arus lalu lintas di depan Kantor KPU Jateng ditutup dari arah barat dan dibuat menjadi satu arah,” katanya.

Rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilu Presiden 2014 dimulai pukul 09.15 WIB dan akan diskors pada pukul 11.45 WIB untuk ibadah shalat Jumat Pemilu Presiden dan Wakil Presiden RI, 9 Juli 2014, diikuti dua pasangan calon presiden dan wakil presiden, yaitu Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dengan nomor urut 1 dan Joko Widodo-Jusuf Kalla nomor urut 2.

Pasangan Prabowo-Hatta diusung Partai Gerindra, PAN, Partai Golkar, PKS, PPP, PBB, dan Partai Demokrat, sedangkan Jokowi-JK diusung PDI Perjuangan, Partai NasDem, PKB, Partai Hanura, dan PKPI. (JIBI/SOLOPOS/Ant)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya