SOLOPOS.COM - Ilustrasi penghitungan suara hasil pemilu (Abdullah Azzam/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA — Anggota Tim Pemenangan Prabowo Subiyanto-Hatta Rajasa (Prabowo-Hatta), Arya Sinulingga, melaporkan Tempo Online, sejumlah nama, serta akun Twitter kepada Bareskrim Mabes Polri, Jumat (18/7/2014). Mereka dituding telah melakukan pencemaran nama baik tim sukses Prabowo-Hatta.

Pengacara Tim Pemenangan Prabowo-Hatta, Habiburokhman, mengatakan pencemaran nama baik tersebut dilakukan melalui pemberitaan dengan judul KPK Lakukan Tangkap Tangan Terkait Pilpres di Tempo Online (Tempo.co), Kamis (17/7/2014) malam. Begitu juga dengan beberapa akun twitter yang membantu menyebarluaskan kabar mengenai penangkapan Arya oleh KPK.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Dengan internet itu kabar berpengaruh sangat cepat. Apalagi ini kabar yang sangat serius, ditangkap KPK, timses bayar uang, merusak nama baik, sehingga harus segera kami sampaikan,” jelasnya.

Lebih lanjut dia menuturkan, kasus pemberitaan tersebut tidak dilaporkan melalui Dewan Pers. Habiburokhman beralasan pemberitaan tersebut tidak memenuhi unsur-unsur berita, seperti cover both side.

Selain itu, akun Twitter yang juga dilaporkan menjadi pertimbangan lain sehingga kasus ini langsung dilaporkan kepada Bareskrim dengan dugaan pencemaran nama baik sebagai mana dalam Pasal 27 Ayat 3 UU No. 11 Tentang ITE dan atau Pasal 310 KUHP.

Pada kesempatan yang sama Arya Sinulingga menyampaikan berita yang ditayangkan pada Kamis malam, saat ini sudah tidak dapat diakses. Link pemberitaan tersebut telah berganti judul yang tidak berhubungan dengan pemberitaan sebelumnya.

Arya Sinulingga juga menegaskan dirinya tidak menerima konfirmasi dari Tempo mengenai kabar penangkapan dirinya oleh KPK sebelum menurunkan berita itu. “Tidak ada sama sekali. Hingga saat ini pun tidak ada minta maaf secara pribadi ke saya. Malah yang ada beritanya dihapus,” ujarnya.

Berdasarkan laporan polisi No. LP/704/VII/2014/Bareskrim 18 Juli 2014, pihak-pihak terlapor ialah Tempo Online, Yudi Chrisnandi, A. Syukron Amin, Eski Suyanto, Emerson Yuntho, Poltak Hotra Dero, dan akun Twitter JKW4LL.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya