Tutup Iklan

Hasil Pilkades Wonogiri, 104 Petahana Melenggang

 Warga menggunakan hak pilih pada Pilkades di Balai Desa Mlokimanis Wetan, Ngadirojo, Wonogiri, Rabu (25/9/2019). (Solopos/Cahyadi Kurniawan)

SOLOPOS.COM - Warga menggunakan hak pilih pada Pilkades di Balai Desa Mlokimanis Wetan, Ngadirojo, Wonogiri, Rabu (25/9/2019). (Solopos/Cahyadi Kurniawan)

Solopos.com, WONOGIRI — Panitia pemilihan kepala desa (pilkades) serentak Wonogiri tingkat kabupaten sudah menyelesaikan rekapitulasi hasil perolehan suara dari 186 desa, Kamis (26/9/2019).

Data yang diperoleh Solopos.com dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Wonogiri, sebanyak 61 atau 37 persen dari 165 calon kepala desa (cakades) petahana yang berkontestasi dalam Pilkades 2019, Rabu (25/9/2019) lalu, tumbang.

Ada yang dikalahkan figur baru, ada pula petahana yang dikalahkan mantan kades. Namun, mayoritas petahana yang kalah tergeser oleh figur baru.

Cakades petahana yang kalah misalnya di Kepatihan, Selogiri. Agus Suyitno yang meraup 808 suara mengalahkan petahana, Sutrisno, yang memperoleh 540 suara. Agus merupakan figur baru.

Di Gedong, Ngadirojo, Wonogiri, petahana Suyatno dikalahkan kades yang menjabat sebelumnya, Kaimin Widodo. Kaimin memperoleh 1.677 suara, sedangkan Suyatno meraup 1.082 suara.

Petahana di Pilkades Mlopoharjo, Wuryantoro, juga tumbang. Darno yang berstatus petahana meraup 878 suara tertinggal cukup jauh dari penantangnya, Budi Santoso.

Secara umum, mayoritas petahana masih memiliki pengaruh kuat di desa masing-masing. Dari 165 petahana yang bertarung lagi, 104 orang di antaranya kembali menang.

Ada petahana yang perolehan suaranya unggul telak atas penantangnya. Namun, ada pula yang hanya menang tipis.

Fenomena petahana masih berjaya seperti terjadi di Boto, Jatiroto. Petahana, Parmono, meraup 558 suara unggul tipis dari penantangnya, Joko Pitono, yang memperoleh 546 suara atau hanya terpaut 12 suara.

Di Purwoharjo, Karangtengah, petahana juga kembali berjaya dengan selisih tipis. Petahana Santoso mengantongi 1.501 suara, sedangkan penantangnya, Joko Pranowo, memperoleh 1.329 suara.

Aktivis Jaringan Pegiat Demokrasi (Jagad) Wonogiri, Mat Nawir, menilai petahana tumbang karena kurang mampu mengelola isu strategis di desa masing-masing.


Berita Terkait

Berita Terkini

Live TVRI, Berikut Jadwal BWF World Tour Finals Hari Ini

BWF World Tour Finals 2021 mulai digeber pada Rabu (1/12/2021).

5 Kafe Terunik di Dunia, Ada yang Simulasikan Gempa Magnitudo 7,8

Agar memikat hati pengunjung para pengelola kafe harus memutar otak agar menjadi terunik.

Round Up: 15 Kasus Pembuangan Bayi di Sukoharjo yang Menggemparkan

Terhitung sejak 2012, terdapat 15 kasus pembuangan bayi di Sukoharjo. Hanya sebagian kecil dari bayi yang ditemukan masih hidup. Sebagian besar ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

Tertahan, Simpanan Anggota KSP SB Solo Ada yang Sampai Rp570 Juta Lho

Nilai uang simpanan para anggota KSP Sejahtera Bersama Regional Solo yang masih tertahan hingga saat ini bervariasi dan ada yang mencapai Rp570 juta seorang.

Sejarah Hari Ini : 1 Desember 1941, Jepang Putuskan Perang Lawan AS

Keputusan Jepang berperang melawan Amerika Serikat dalam Perang Dunia II menjadi salah satu peristiwa yang terangkum dalam Sejarah Hari Ini, 1 Desember.

Catat! Objek wisata Kawasan Gunung Rinjani Tutup Sampai Maret 2022

Objek wisata alam di kawasan Gunung Rinjani di Lombok, Nusa Tenggara Barat, ditutup dari 29 November 2021 sampai 31 Maret 2022.

Jambret Dibekuk Berkat Aksi Berani Pemotor Nabrak dari Belakang

Pengendara sepeda motor itu menabrak kendaraan kedua pelaku yang baru saja merampas handphone milik seorang pelajar yang berjalan ke sekolah.

Jalan di Jember yang Diblokade Cakades Kalah Dibongkar Polisi

Polisi akhirnya membongkar jalan yang diblokade oleh seorang calon kepala desa yang kalah dalam Pemilihan kepala desa di Jember.

Djaran Goyang-Magbul, Ini Merek Rokok Ilegal Dimusnahkan di Sukoharjo

Ribuan bungkus rokok ilegal hasil sitaan Kantor Bea dan Cukai Surakarta dalam ratusan kali operasi penegakan selama 2020-2021 dimusnahkan di Sukoharjo.

Tragedi Bekasi: Dendam lalu Memutilasi Teman Jadi 10 Bagian

Kepolisian mengungkapkan kasus pembunuhan disertai mutilasi terhadap seorang pria berinisial RS yang jasadnya dibuang di Kabupaten Bekasi, bermotif dendam.

Peredaran Sabu-Sabu 100 Kilogram Digagalkan Polda Aceh

Peredaran narkoba jenis sabu-sabu dengan berat mencapai 100 kilogram digagalkan Direktorat Reserse Narkoba Polda Aceh.

UMK Wonogiri Naik 0,07%, SPSI: Harusnya Lebih dari Inflasi 1%

UMK Wonogiri naik sekitar 0,07% disbanding tahun lalu.

Masalah Adminduk Persulit Advokasi Orang dengan HIV/AIDS di Wonogiri

Masalah administrasi kependudukan mempersulit Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Wonogiri untuk mengadvokasi orang dengan HIV/AIDS.

5 Tempat Ini Berjuluk Negeri Matahari Tengah Malam, Kok Bisa?

Tempat ini berjuluk negeri Matahari tengah malam, kok bisa?

Sukses di Bendosari, Bazar Tani Ditiru 11 Kecamatan Lain Se-Sukoharjo

Kecamatan Bendosari dianggap sukses menggelar bazar tani sehingga Distankan Sukoharjo meminta semua kecamatan mengadakan kegiatan serupa.

Naik Kelas Tipe C, RS Waras Wiris Andong Boyolali Berbenah

Saat ini, RS memiliki kapasitas 101 tempat tidur, fasilitas CT Scan 128 slide, rontgen panoramic hingga USG 4 Dimensi.