SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Hasil Pilkada Solo sementara masih bervariasi di tiap TPS. Di kandang Purnomo, pasangan Rudy-Purnomo hanya unggul tipis.

Solopos.com, SOLO — Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Walikota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo-Achmad Purnomo menang tipis di Tempat Pemungutan Suara (TPS) IX, Kelurahan Bumi, Kecamatan Laweyan. Di TPS tersebut, Achmad Purnomo memberikan hak suaranya.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Di TPS tersebut, paslon 1 yakni Anung Indro Susanto-M. Fajri (Afi) mendapat 138 suara, sedangkan paslon 2 Rudy-Purnomo mendapat 185 suara. Selisih keduanya hanya 47 suara. Sementara, suara sah ada 323 suara dan suara tidak sah ada 14 suara. Di TPS itu, daftar pemilih tetap (DPT) ada 488 orang dan DPT tambahan (DPTb) ada lima orang. Di TPS tersebut tidak ada Daftar Pemilih Pindahan (DPPh).

“Jumlah partisipasinya cukup banyak mencapai 77 persen. Sebab, dari DPT 488 orang dan DPTb lima orang, yang memberikan hak suaranya ada 337 orang. Di TPS kami, rata-rata angka partisipasinya cukup tinggi. Pada Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden partisipasinya lebih dari 70 persen. Sedangkan saat Pilkada sebelumnya waktu Pak Jokowi [Joko Widodo], bisa mencapai 80 persen,” Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS IX, Budi Joko Sukoyo, Rabu sore.

Terkait jumlah suara tidak sah yang mencapai 14 suara, ia menyatakan mayoritas dua gambar paslon itu dicoblos semua. Ada juga yang tidak dicoblos semua, tetapi hanya satu lembar surat suara.

Budi juga menyatakan sebelum perhitungan suara, pengecekan jumlah surat suara sempat diulang sampai lima kali. Sebab, saat kotak suara dibuka dan dihitung, ada selisih satu lembar dari jumlah pemilih yang datang sehingga saksi keberatan.

“Kami sempat agak bingung karena surat suara belum boleh dibuka. Setelah dihitung berulang kali, ternyata ada yang terselip karena kertasnya tipis dibanding surat suara saat pemilu sebelumnya,” imbuhnya.

Paslon 1 dapat 138 suara
Paslon 2 dapat 185 suara
Selisih 47 suara

Tidak sah ada 14 suara
Suara sah 323 suara

DPT 488. DPTb ada 5. Yg dtg 337
Patisipasi 77 persen

Sumber: KPPS IX, Bumi, Laweyan.(aak)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya