SOLOPOS.COM - F.X. Hadi Rudyatmo dan Achmad Purnomo. (JIBI/Solopos/Dok.)

Hasil Pilkada Solo 2015 untuk sementara di Rutan Solo dimenangkan Rudy-Purnomo.

Solopos.com, SOLO — Pasangan calon wali kota (cawali) dan calon wakil wali kota (cawawali) Solo, FX. Hadi Rudyatmo-Achmad Purnomo, menang telak di Rumah Tahanan (Rutan) kelas 1 Solo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pasangan incumbent itu meraup suara 82 suara, sementara rivalnya Anung Indro Susanto-M.Fajri (Afi) hanya meraup 26 suara.

Berdasarkan data yang dihimpun, total daftar pemilih tetap (DPT) di tempat pemungutan suara (TPS) dalam rutan mencapai 103 orang. Dari jumlah tersebut, masih ada tambahan pemilih mencapai 14 pemilih.

“Suara rusak atau tak sah mencapai 9 orang,” papar Ketua Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) Rutan Solo, Mulyadi, saat ditemui di Rutan Solo, Rabu (9/12/2015).

Menurut Mulyadi, sebenarnya DPT Rutan Solo mencapai 258 suara. Namun, menjelang hari H pencoblosan, hanya menyisakan 103 suara lantaran sebagian penghuni Rutan sudah bebas.

Mulyadi menerangkan pencoblosan di dalam Rutan melalui mekanisme giliran per blok ruang tahanan. “Model ini untuk mengantisipasi keamanan,” papar dia.

Salah satu penghuni rutan, Rahmat Kurniawan, mengaku sama sekali tak tahu pasangan calon yang akan ia coblos. Ia mengaku datang ke TPS karena tiba giliran bloknya untuk mendatangi TPS Rutan.

“Saya juga enggak tahu mau nyoblos siapa. Hla wong enggak tahu sama sekali calonnya,” papar warga Kelurahan Kampung Baru, Pasar Kliwon, itu sebelum mencoblos.

Penghuni Rutan lainnya, Mario, mengungkapkan hal berbeda. Penghuni Rutan kasus narkoba itu mengaku sudah menentukan pilihannya jauh-jauh hari. “Ada saudara dan keluarga yang ngasih tahu saya. Ada satu pasangan calon yang mantap dipilih keluarga kami,” papar terpidana narkoba tujuh tahun itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya