SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemilih memasukkan surat suara ke kotak suara. (JIBI/Solopos/Dok.)

Hasil Pilkada Boyolali 2015 akan direkapitulasi di tingkat KPU untuk mengateahui hasil sahnya.

Solopos.com, BOYOLALI — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Boyolali menggelar rekapitulasi tingkat kabupaten perolehan suara Pilkada Boyolali 2015, Rabu (16/12/2015), di Semar Resto.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Rekapitulasi tingkat kabupaten digelar setelah 19 panitia pemilihan kecamatan (PPK) selesai merekap hasil penghitungan suara tingkat tempat pemungutan suara, Sabtu (12/12/2015).

Anggota KPU Boyolali Divisi Hukum, Pengawasan Pencalonan, dan Kampanye, Ali Fachrudin, menjelaskan penetapan tanggal pelaksanaan rekapitulasi suara tingkat kabupaten sudah dikomunikasikan dengan pasangan calon. Sebagai salah satu persiapannya, KPU telah merekap data awal yakni scan data formulir C1 yang saat ini sudah diunggah ke website kpu.go.id.

“Tabulasi awal itu hanya sebagai salah satu kontrol agar tidak ada pergeseran data saat rekap suara di tingkat kabupaten,” kata Ali, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (14/12/2015).

Dalam website pilkada2015.kpu.go.id/boyolalikab, pasangan nomor urut 1 Seno Samodro-Said Hidayat unggul dengan perolehan 69,67% sedangkan pasangan nomor urut 2 Agus Purmanto-Sugiyarto memperoleh 30,33% suara.

Sementara itu, dalam rekapitulasi tingkat kabupaten akan diikuti semua PPK dan tim sukses kedua pasangan calon. Rekapitulasi digelar terbuka untuk umum.

Setelah rekapitulasi tingkat kabupaten selesai, KPU akan mengumumkan hasil rekapitulasi itu pada Jumat (18/12/2015). Kemudian, jika tidak ada perselisihan hasil penghitungan perolehan suara, penetapan calon terpilih akan digelar oleh KPU pada Senin (21/12/2015).

“Artinya, ada waktu tiga hari bagi pasangan calon yang berencana mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi [MK]. Paslon diberi kesempatan tiga hari itu mulai 18-21 Desember, apakah mau mengajukan gugatan atau tidak,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya