SOLOPOS.COM - Pemain Ghana Mohammed Kudus meluapkan kegembiraannya setelah mencetak gol ke gawang Korsel pada lanjutan Grup H Piala Dunia 2022 di Education City Stadium Ar-Rayyan, Senin (28/11/2022) pukul 20.00 WIB. (Twitter @FIFAWorldCup)

Solopos.com, JAKARTA—Korea Selatan (Korsel) harus mengakui keunggulan Ghana 2-3 pada laga lanjutan Grup H Piala Dunia 2022 di Education City Stadium Ar-Rayyan, Senin (28/11/2022) pukul 20.00 WIB.

Mohammed Salisu membawa Ghana memimpin pada menit ke-24. Mohammed Kudus menggandakan The Black Stars pada menit ke-34. Mohammaed Kudus mencetak gol kedua atau brace sekaligus memastikan kemenangan Ghana pada menit 68.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Korsel sempat menyamakan kedudukan melalui brace Cho Gue-Sung pada menit 61 dan 58.

Baca Juga: Susunan Pemain Korsel vs Ghana: Son Heung-min Kembali Jadi Andalan

Ekspedisi Mudik 2024

Korsel yang pada laga pertama menahan imbang Uruguay 0-0 sebenarnya  menguasai ball possession mencapai 63 persen menurut  catatan Transfermarkt. Taeguk Warriors juga unggul telak dalam usaha tembakan ke gawang yaitu 22 berbanding 7.

Pada 10 menit pertama kedua tim masih menjajaki permainan sehingga banyak bola berkutat di lapangan tengah. Korsel sempat mengancam pada menit kedelapan melalui Jeong Woo-Yeong dan Kim Min-Jae.

Tekanan terus dilakukan Korsel dan pada menit ke-18 memiliki peluang lewat Cho Gue-Sung. Namun upayanya dari sisi area penalti masih bisa diblok kiper Ghana.

 Baca Juga: Data dan Fakta Menarik Jelang Brasil vs Swiss

Menjelang pertengahan babak pertama Ghana bangkit dan langsung menciptakan gol pada menit ke-24. Mohammed Salisu memanfaatkan kemelut di depan gawang Korsel yang lahir dari situasi set piece. 1-0 untuk Ghana.

Gol itu membuat permainan Ghana semakin garang. Pada menit 34 lahirlah gol kedua. Berawal dari serangan di sayap kiri, Mohammed Kudus menadukkan kepala menyambut umpan menyilang Jordan Ayew, dan 2-0 untuk Ghana.

Korsel berupaya lagi membangun serangan untuk membalas dua gol Ghana. Peluang sempat tercipta di pengujung babak pertama lewat  Jung Woo-Young dan Kwon Chang-Hoon.

Baca Juga: Hasil Piala Dunia 2022: Ketat, Kamerun Imbangi Serbia 3-3

Akan tetapi peluang itu belum bisa mengubah kedudukan hingga wasit meniup peluit panjang. Skor babak pertama 2-0 untuk Ghana.

Seusai turun minum, Korsel melakukan pergantian pemain Na Sang-Ho menggantikan Jeong Woo-Yeong.

Korsel mencoba meningkatkan intensitas serangan dan peluang pertama tercipta melalui Cho Gue-Sung pada menit 53. Memanfaatkan umpan Kim Jin-Su, Cho menyundul bola yang masih bisa diantisipasi oleh penjaga gawang Lawrence Ati Zigi. Korsel melakukan pergantian pemain kedua pada menit 57. Lee Kang-In masuk menggantikan Kwon Chang-Hoon.

Baca Juga: Babak Pertama Berakhir, Ghana Hajar Korsel 2-0

Pergantian itu langsung membuahkan hasil semenit kemudian. Berawal dari serangan dari sayap kiri, Lee Kang-In mengirimkan umpan menyilang ke area penalti yang disambut dengan sundulan kepala Cho Gue-Sung.

Hanya berselang tiga menit, Korsel menyamakan kedudukan melalui gol dengan proses yang hampir sama. Sundulan bertenaga Cho Gue-Sung di depan gawang setelah menyambut umpan menyilang dari sayap kiri membuat skor kembali berubah, 2-2.

Ghana dengan cepat merespons dua gol tersebut. Setelah Inaki Williams tendangannya belum memenuhi sasaran, Mohammed Kudus kembali mencetak gol untuk Ghana di menit 68. Menerima umpan Inaki Williams, Mohammed Kudus melepaskan tembakan kaki kiri tanpa bisa dibendung kiper Korsel, Kim Seung-gyu. Skor 3-2 untuk Ghana.

Baca Juga: Daftar Top Skor Piala Dunia 2022: Mbappe di Puncak, Valencia Kedua

Setelah kembali tertinggal Korsel mengurung pertahanan Ghana. Peluang tercipta pada menit 76 lewat Lee Kang-In dan Kim Jin-Su.

Pergantian pemain dilakukan oleh Korsel maupun Ghana. Kamaldeen Sulemana masuk menggantikan Jordan Ayew di menit 79, Denis Odoi masuk menggantikan Tariq Lamptey sementara Daniel-Kofi Kyereh masuk menggantikan Andre Ayew. Sementara dari Korsel Hwang Uji-Jo menggantikan Jung Woo-Young.

Korsel mengurung total pertahanan Ghana pada 10 menit pertandingan plus tambahan waktu. Serangan bertubi-tubi dilancarkan oleh  Son Heung-Min, Kim Young-Gwon, Na Sang-Ho dan Cho Gue-Sung. Namun kukuhnya pertahanan Ghana dan gemilangnya penampilan kiper Lawrence Ati Zigi membuat skor 3-2 untuk keunggulan Ghana tidak berubah.

 



Susunan pemain Korea Selatan vs Ghana:

Korea Selatan (4-2-3-1):

Kim Seung-gyu; Kim Moon-hwan, Kim Min-jae/Kwon Kyung-Won 90+2, Kim Young-gwon, Kim Jin-su; Jung Woo-young/ Hwang Uji-Jo79’, Hwang In-beom; Kwon Changhoon/ Lee Kang-In 57’, Jeong Wooyeong/ Na Sang-Ho 46’, Son Heung-min; Cho Guesung

 

Ghana (4-3-3):

Lawrence Ati Zigi; G. Mensah/Abdul Rahman Baba 88′, Daniel Amartey, M.Salisu, L.Lampteu/ Denis Odoi 79’; Thomas Partey, Sales Abdul Samed, Mohammed Kudus/ Alexander Djiku 82’; Jordan Ayew/ Kamaldeen Sulemana 79’, Andre Ayew/ Daniel-Kofi Kyereh 78’, Inaki Williams

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya