SOLOPOS.COM - Bukayo Saka (kanan) merayakan gol kedua ke gawang Iran pada babak kedua Grup B Piala Dunia 2022 di Stadion International Khalifa, Qatar. (Twitter @FIFAWorldCup)

Solopos.com, SOLOInggris mengawali Piala Dunia 2022 dengan berpesta gol ke gawang Iran 6-2 di Stadion International Khalifa, Qatar, Senin (21/11) malam WIB. Dua dari enam gol Inggris dicetak oleh Bukayo Saka.

Saka mencetak brace pada menit ke-43 dan 62. Empat gol Three Lions lainnya dilesakkan oleh Jude Bellingham pada menit ke-35, Raheem Sterling pada menit ke 45+1. Kemudian Marcus Rashford pada menit ke-71 dan Jack Grealish menit ke-89.

Promosi Santri Tewas Bukan Sepele, Negara Belum Hadir di Pesantren

Sementara dua gol Iran dipersembahkan oleh pemain bintang mereka Mehdi Taremi pada menit ke-65 dan lewat tendangan penalti pada menit 90+13.

 Baca Juga: Camilla Si Unta Pun Prediksi Inggris vs Iran di Piala Dunia 2022 

Inggris difavoritkan memenangkan pertandingan ini. Secara peringkat FIFA, Inggris unggul jauh dibandingkan Iran. The Three Lions menempati posisi kelima dunia sedangkan Iran, yang dilatih Carlos Queiroz asal Portugal, berada di urutan ke-20 FIFA.

Kemenangan itu mengakhiri tren buruk Inggris dalam enam pertandingan terakhir. Sebelumnya, pasukan Gareth Southgate itu mencatat hasil negatif yang membuat mereka terdegradasi dari Liga Nations.

Inggris sudah unggul 3-0 di babak pertama diawali gol Jude Bellingham memaksimalkan umpan Luke Shaw pada menit ke-35. Delapan menit setelahnya, giliran Bukayo Saka yang membuat skor 2-0 lewat sontekan ke gawang Hosseini. Tidak sampai situ, Raheem Sterling berhasil memperlebar jarak pada menit ke 45+1 setelah menerima umpan dari Hary Kane.

Baca Juga: Jadwal Piala Dunia 2022 Malam Ini: Inggris vs Iran, Senegal vs Belanda

Memulai babak kedua, Inggris mendapatkan kesempatan emas saat Harry Kane dijatuhkan oleh Pouraliganji di dekat kotak penalti Iran. Trippier yang menjadi algojo tendangan bebas tersebut belum berhasil menembus tembok yang dibuat pemain Iran.

15 Menit babak kedua berjalan, Saka kembali jadi momok Iran saat tendangannya berhasil menjebol gawang Hosseini dan membuat skor menjadi 4-0 untuk Inggris pada menit ke-62.

Tiga menit berselang, Iran yang ketinggalan 0-4 langsung memperkecil keteringgalan lewat gol dari Mehdi Taremi memanfaatkan umpan dari Gholizadeh. Setelah gol daei Taremi, Iran lebih bermain lepas dan mulai menyerang sisi pertahanan dari The There Lions.

Baca Juga: Mohamed Salah Malah Dukung Kroasia di Piala Dunia 2022, Kok Bisa?

Alih-alih menambah poin untuk memperkecil ketertingalan, Iran malah harus kembali tertinggal jauh dari Inggris setelah pemain pengganti Marcus Rashford berhasil mensontek bola ke gawang Hosseini dan membuat skor menjadi 5-1 pada menit ke-71.

Setelah gol dari Rashford, permainan kembali dipegang oleh Inggris dan membuat Iran tidak bisa lagi melakukan serangan melebihi garis tengah. Memasuki 10 menit terakhir pertandingan, Inggris masih terus nyaman bermain bola dari kaki ke kaki.

Iran yang tertinggal empat angka terus berupaya memberikan tekanan ke pemain Inggris, namun belum berbuah hasil apa pun. Satu menit jelang waktu normal berakhir, Inggris kembali memperlebar jarak menjadi 6-1 lewat gok Jack Grealish yang memaksimalkan umpan cut back dari Calum Wilson.

Baca Juga: Babak I Selesai, Inggris Bantai Iran 3-0!

Pada menit kesepuluh injury time, Iran mendapat hadiah penalti setelah John Stones melakukan pelanggaran. Taremi yang maju sebagai algojo sukses mencetak brace ke gawang Inggris. Skor 6-2 untuk kemenangan The Three Lions mengakhiri pertandingan Grup B Piala Dunia 2022.

 

Susunan pemain Inggris vs Iran:

Inggris (4-3-3)

Jordan Pickford; Luke Shaw, John Stones, Harry Maguire (E. Dier, 71’), Kieran Trippier; Declan Rice, Jude Bellingham, Mason Mount (Phil Foden, 71’); Raheem Sterling (J. Grealish, 71’), Bukayo Saka (M. Rashford, 71’), Harry Kane (C. Wilson, 76’). Pelatih: Gareth Southgate

 

Iran (5-3-2)

Alireza Beiranvand (Hossein Hosseini, 19’); Sadegh Moharrami, Morteza Poureliganji, Rouzbeh Cheshmi (H Kanaanizadegan, 46’), Majid Hosseini, Milad Mohammadi (M Torabi, 63’); Ali Karimi (S. Ezatolahi, 46’), Ahmad Noorollahi (S. Azmoun, 77’), Ehsan Hajisafi; Alireza Jahanbakhsh (A. Gholizadeh, 46’), Mehdi Taremi. Pelatih: Carlos Queiroz



 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya