SOLOPOS.COM - Pemain Belanda Frengkie de Jong melakukan selebrasi bersama Memphis Depay seusai mencetak gol ke gawang Qatar pada laga Grup A Piala Dunia 2022 di Al Bayt Stadium Al Khor, Selasa (29/11/2022) kick-off pukul 22.00 WIB. (Twitter @FIFAWorldCup)

Solopos.com, SOLOBelanda memastikan melangkah ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 seusai menghajar tuan rumah Qatar 2-0 pada laga terakhir Grup A di Al Bayt Stadium Al Khor, Selasa (29/11/2022) kick-off pukul 22.00 WIB.

Gol Belanda diciptakan oleh Cody Gakpo pada menit ke-26 dan Frenkie de Jong pada menit ke-49.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Belanda tampil mendominasi pertandingan ini. Tuan rumah pun menerapkan strategi parkir bus dengan memasang lima bek.

 Baca Juga: Susunan Pemain Ekuador vs Senegal: Valencia Kembali Jadi Andalan La Tricolor

Berdasarkan catatan Transfermarkt, Belanda menguasai ball possession  mencapai 63 persen. Belanda juga melakukan tendangan ke gawang lebih banyak yaitu 13 berbanding 5.

Sejak kick-off Belanda total menyerang meski selalu kandas karena Qatar menumpuk para pemainnya di sekitar area kotak penalti.

Sejumlah peluang diukir tim Oranye melalui Memphis Depay, Frenkie de Jong, Daley Blind hingga Cody Gakpo. Sementara tuan rumah sekali melakukan serangan melalui Abdelkarim Hassan.

Baca Juga:Data dan Fakta Menarik Jelang Belanda vs Qatar

Gakpo memecah kebuntuan pada menit ke-26 melalui lewat tendangan keras dari tengah kotak penalti. Gol itu lahir berkat assist dari Davy Klaassen. 1-0 untuk Belanda.

Setelah gol itu, Qatar mulai sedikit bermain terbuka. Peluang lahir dari Ismaeel Mohammad yang melepskan tembakan dari luar kotak penalti. Upayanya masih digagalkan Andries Noppert.

Aksi Memphis Depay melepaskan tembakan dari luar kotak yang masih keluar dari sasaran pada menit ke-45+3 menutup babak pertama dengan skor 1-0 untuk Belanda.

 Baca Juga: Data dan Fakta Menarik Jelang Wales vs Inggris

Memasuki babak kedua Belanda tidak mengendurkan serangan meski sudah memimpin 1-0. Ancaman pertama dilakukan oleh Memphis Depay dengan melepaskan tembakan dari jarak dekat ke gawang Qatar.

Belanda menggandakan keunggulan empat menit setelah turun minum melalui Frenkie de Jong. De Jong memanfaatkan bola liar di depan gawang Qatar yang dikawal Meshaal Barsham.

Belanda kembali mencetak gol pada menit ke-68 melalui Steven Berghuis dari dalam kotak penalti. Namun gol itu dianulir VAR karena terlebih dulu Gakpo handball.

Baca Juga: Hasil Babak Pertama Grup A, Senegal Tundukkan Ekuador 1-0

Tuan rumah tetap berupaya mencetak gol di sisa waktu pertandingan. Abdulaziz Hatem mencoba melakukan tembakan pada menit ke-77. Namun usahanya masih bisa diantisipasi oleh Nopert.

Belanda maupun Qatar melakukan pergantian pemain pada 10 menit terakhir pertandingan, seperti Louis van Gaal menarik Gakpo dan memasukkan Wout Weghorst.

Pertandingan pun berjalan melambat dan Belanda sepertinya sudah cukup puas dengan kemenangan 2-0. Skor bertahan hingga peluit panjang dibunyikan. Belanda lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 sebagai juara grup.

 

Starting XI Belanda vs Qatar:

Belanda (3-4-1-2)

Andries Noppert; Jurrien Timber, Virgil van Dijk, Nathan Ake; Denzel Dumfries, Marten de Roon, Frenkie de Jong, Deley Blind; Davy Klaassen; Cody Gakpo, Memphis Depay. Pelatih: Louis van Gaal (Belanda).

 



Qatar (5-3-2)

Meshaal Barsham; Ahmed, Abdelkarim Hassan, Boualem Khoukhi, Pedro Miguel, Ismaeel Mohammad; Abdulaziz Hatem, Assim Madibo, Hassan Al-Haydos; Almoez Ali, Akram Afif. Pelatih: Felix Sanchez (Spanyol).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya