SOLOPOS.COM - Belanda bermain imbang 1-1 melawan Ekuador pada lanjutan Grup A Piala Dunia 2022 di International Khalifa Stadium Ar-Rayyan, Jumat (25/11/2022) kick-off pukul 23.00 WIB. (Twitter @FIFAWorldCup)

Solopos.com, SOLOBelanda gagal mempertahankan keunggulan dan hanya bermain imbang 1-1 melawan Ekuador pada lanjutan Grup A Piala Dunia 2022, Jumat (25/11/2022) dengan kick-off pukul 23.00 WIB.

Pada laga di International Khalifa Stadium Ar-Rayyan, Belanda unggul lebih dulu lewat gol Cody Gakpo pada menit keenam. Namun Ekuador bangkit di babak kedua dan mencetak gol pada menit 49 melalui Enner Valencia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berdasarkan catatan Transfermarkt, penguasan bola Belanda sedikit lebih banya yaitu 54,5 persen. Akan tetapi Ekuador lebih banyak melakukan tendangan ke gawang dengan perbandingan 15 banding 2.

Baca Juga: Babak Pertama Usai, Belanda Atasi Ekuador 1-0

Belanda unggul  cepat pada pertandingan kali ini. Mengambil inisiatif menyerang, De Oranje memimpin di menit  keenam lewat Gakpo. Tendangan keras kaki kiri Gakpo seusai menerima umpan Davy Klaassen di dekat kotak penalti tidak mampu diantisipasi penjaga gawang Ekuador, Hernan Galindez.

Ekuador mencoba membalas lewat serangan Enner Valencia pada menit 11. Namun upaya Valencia masih gagal menembus pertahanan kukuh Belanda yang dikawal Virgil van Dijk dkk.

Peluang kemudian lahir dari kaki Moises Caicedo pada menit 24. Tapi lagi-lagi kans Ekuador masih membentur tembok tebal Oranje.

Baca Juga: Iran Bantai Wales 2-0, Begini Kata Pelatih Carlos Quieroz

Tiga menit kemudian giliran Michael Estrada yang melakukan tembakan ke gawang Belanda. Kali ini bola hasil tembakan Estrada masih melenceng ke kana gawang Andries Noppert.

Ekuador tak putus asa. Valencia kembali melancarkan serangan dari sisi jantung pertahanan Belanda pada menit 32. Memanfaatkan assist Estrada, bola hasil tembakannya di pojok bawah sisi kiri gawang dapat diantisipasi dengan baik Noppert.

Ekuador lebih intens menyerang pertahanan tim asuhan Louis van Gaal.  Hasilnya Ekuador mampu menjebol gawang Belanda pada menit 45+3 lewat Pervis Estupinan. Namun gol itu dianggap tidak sah karena Jackson Porozo dalam posisi offside saat gol itu terjadi. Skor tetap bertahan 1-0 untuk Belanda.

Baca Juga: Brasil Cemaskan Kebugaran Neymar

Babak kedua dimulai, Belanda memasukkan Memphis Depay menggantikan Steven Bergwjin. Ekuador berhasil menyamakan kedudukan melalui Enner Valencia pada menit 49 memanfaatkan bola rebound hasil tembakan Pervis Estupinan yang diblok Noppert.

Ekuador kembali memiliki kans menggandakan keunggulan pada menit 59. Tembakan keras Valencia masih bisa diblok dan Gonzalo Plata memanfaatkan bola rebound dengan melepaskan tembakan kaki kiri yang masih membentur mistar gawang Belanda.

Ekuador masih mendominasi permainan. Pada menit 64, Estrada melepaskan tembakan yang masihmelenceng ke kanan gawang. Sedangkan Belanda mendapat peluang melalui Teun Koopmeiners setelah menerima umpan Gakpo, dua menit berselang. Akan tetapi bola belum menemui sasaran.

Baca Juga: Susunan Pemain Belanda vs Ekuador: Van Gaal Kembali Andalkan Gakpo-Bergwijn

Belanda pada menit 69 kemudian menarik keluar Davy Klaassen dan menggantinya dengan Steven Berghuis . Pergantian juga dilakukan Ekuador. Jeremy Sarmiento masuk menggantikan Estrada.

Belanda kembali mengganti pemain pada menit 79. Gakpo ditarik keluar digantikan Wout Weghorst dan Marten de Roon menggantikan Teun Koopmeiners. Namun pergantian itu tidak efektif. Ekuador justru tetap mengendalikan permainan menciptakan banyak peluang seperti melalui Angelo Presiado dan Kevin Rodriguez pada menit 90+2. Kedudukan 1-1 bertahan hingga peluit panjang dibunyikan.

 

Susunan pemain Belanda vs Ekuador:

Belanda (3-5-2)

Andries Noppert; Jurrien Timber, Virgil van Dijk, Nathan Ake; Denzel Dumfries, Teun Koopmeiners, Frenkie de Jong, Daley Blind, Davy Klaassen/ Steven Berghuis 69’; Steven Bergwijn/Memphis Depay 46’, Cody Gakpo. Pelatih: Louis van Gaal.

 

Ekuador (5-4-1)



Hernan Galindez; Angelo Preciado, Felix Torres, Piero Hincapie, Jackson Porozo, Pervis Estupinan; Jhegson Mendez, Gonzalo Plata/Romario Ibarra 90, Michael Estrada/ Jeremy Sarmiento74’, Moises Caicedo; Enner Valencia/Kevin Rodríguez 90′. Pelatih: Gustavo Alfaro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya