SOLOPOS.COM - Lionel Messi melakukan selebrasi saat Argentina mengalahkan Kroasia 3-0 pada semifinal Piala Dunia 2022 di Lusail Stadium Al Daayen, Rabu (14/12/2022) dini hari WIB. (Twitter @FIFAWorldCup)

Solopos.com, SOLOArgentina melangkah ke final Piala Dunia 2022 dengan mantap setelah menghajar Kroasia 3-0 pada babak semifinal di Lusail Stadium Al Daayen, Rabu (14/12/2022) dini hari WIB.

Kemenangan ini sekaligus revans Argentina atas kekalahan 0-3 dari Kroasia pada penyisihan grup Piala Dunia 2018 di Rusia.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Lionel Messi dan Julian Alvarez menjadi bintang pada laga ini karena menjadi kreator seluruh gol Argentina. Messi membawa Argentina memimpin melalui tendangan penalti, sedangkan Alvarez mencetak brace yang dilakukan di babak pertama dan kedua.

Baca Juga: Messi Cetak Gol, Argentina Hajar Kroasia 2-0 di Babak Pertama

Kroasia lebih mendominasi permainan dengan ball possession sebesar 60,9 persen menurut catatan Transfermarkt. Kroasia juga lebih banyak melakukan percobaan tembakan ke gawang dengan 12 kali sedangkan Argentina 9 kali.

Mengawali pertandingan, Argentina lebih agresif untuk menyerang dibandingkan Kroasia. Meski demikian hingga menit ke-15 belum ada upaya tembakan yang mengarah ke gawang.

Percobaan diawali Kroasia melalui Dejan Lovren menyambut umpan silang Josip Juranovic melanjutkan tendangan sudut pada menit ke-16. Sundulannya dari sudut sulit di sebelah kanan terlalu tinggi.

Baca Juga: Peserta Piala Dunia 2026 Tambah 16 Negara, Indonesia Realistis Saja

Argentina melakukan hal yang sama pada menit ke-25 melalui Enzo Fernández. Dia melepaskan tembakan dengan kaki kanan dari luar kotak 16 yang masih bisa diselamatkan.

Enam menit kemudian Ivan Perisic yang mendapat assist Mateo Kovacic melepaskan tembakan dari arah sebelah kiri kotak penalti dan bola sedikit terlalu tinggi.

Argentina mendapat hadiah tendangan penalti pada menit ke-32. Kiper Kroasia Dominik Livakovic dinilai melanggar upaya Julian Alvarez di kotak penalti. Livakovic pun dihukum kartu kuning. Wasit juga memberikan kartu kuning kepada Mateo Kovacic.

Baca Juga: Skenario Semifinal Argentina vs Kroasia: Mengejar Misi Ganda

Lionel Messi yang maju sebagai algojo sukses memberikan gol pertama bagi Argentina pada menit ke-34. Tembakan keras dengan kaki kiri ke arah sudut kiri atas gawang tidak mampu diantisipasi Livakovic.

Tim Tanggo menggandakan keunggulan lima menit kemudian. Julián Álvarez mencatatkan namanya di papan skor melalui aksi individu dan melepaskan tembakan dengan kaki kanan dari jarak dekat.

Argentina nyaris mencetak gol ketiga pada menit ke-42. Namun upaya Alexis Mac Allister menyambut umpan silang Lionel Messi lewat sundulan dari sebelah kiri kotak 6 yar masih bisa diselamatkan Livakovic. Skor 2-0 bertahan hingga turun minum.

Baca Juga: Susunan Pemain Argentina vs Kroasia: Di Maria Cadangan, Argentina 4-4-2

Memasuki babak kedua, Kroasia langsung melakukan dua pergantian pemain. Nikola Vlasic menggantikan Mario Pasalic dan Mislav Orsic menggantikan Borna Sosa. Lima menit kemudian Bruno Petkovic masuk menggantikan Marcelo Brozovic yang cedera.

Kroasia menambah intensitas serangan untuk mengejar ketinggalan, sedangkan Argentina lebih banyak menunggu dan melakukan serangan balik.

Pada menit ke-58 Lionel Messi melakukan percobaan lewat tendangan keras di dekat gawang. Menerima umpan Enzo Fernández tembakannya masih bisa diblok Livakovic.

Baca Juga: Data dan Fakta Menarik Argentina vs Kroasia: Ketat, Head to Head Imbang!

Pada menit ke-62 Argentina melakukan pergantian pemain dengan memasukkan Lisandro Martínez menggantikan Leandro Paredes.

Kroasia terus menekan Argentina seperti lewat sundulan Dejan Lovren menyambut umpan menyilang Luka Modric. Namun upayanya masih diblok.

Terus ditekan, Argentina malah mampu memperbesar keunggulan pada menit ke-69 kembali lewat Julián Álvarez. Gol itu berawal dari aksi individu Messi di sayap kanan hingga menusuk ke area penalti dan mengirimkan bola ke depan gawang yang dimaksimalkan Alvarez. 3-0 untuk Argentina.

Baca Juga: Kroasia Pakai Jersey Away Hadapi Argentina di Semifinal Piala Dunia 2022



Argentina semakin di atas angin setelah unggul 3-0, sedangkan Kroasia terus berupaya menekan untuk mengejar ketinggalan. Salah satunya lewat percobaan Ivan Perisic dengan melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Percobaan juga dilakukan oleh Mislav Orsic yang juga belum menemui sasaran.

Argentina sesekali menyerang seperti lewat  Alexis Mac Allister yang menyambut umpan pemain pengganti Paulo Dybala melalui situasi bola mati.

Hingga peluit panjang berbunyi, skor 3-0 untuk kemenangan Argentina tidak berubah. Tim Tango pun melangkah ke final Piala Dunia 2022.

 

 Starting XI Argentina vs Kroasia:

Argentina (4-4-2)

Emiliano Martinez; Nahuel Molina, Cristian Romero, Nicolas Otamendi, Nicolas Tagliafico; Leandro Paredes, Enzo Fernandez, Rodrigo De Paul, Alexis Mac Allister; Lionel Messi, Julian Alvarez. Pelatih: Lionel Scaloni

 

Kroasia (4-3-3)

Dominik Livakovic; Josip Juranovic, Josko Gvardiol, Dejan Lovren, Borna Sosa; Mateo Kovacic, Marcelo Brozovic, Luka Modric; Ivan Perisic, Andrej Kramaric, Mario Pasalic. Pelatih: Zlatko Dalic

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya