SOLOPOS.COM - Pemain Iran merayakan kemenangan 2-0 atas Wales pada laga Grup B Piala Dunia 2022 di Ahmad bin Ali Stadium, Ar-Rayan, Jumat (25/11/2022). (Twitter @FIFAWorldCup)

Solopos.com, SOLO—Diwarnai kartu merah, Iran sukses menghajar Wales 2-0 pada laga Grup B Piala Dunia 2022 di Ahmad bin Ali Stadium, Ar-Rayan, Jumat (25/11/2022) sore WIB.

Dua gol kemenangan Iran tercipta pada injury time ketika Wales bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-87.  Adalah Roozbeh Cheshmi yang mengubah kedudukan pada menit 90+8. Dia melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti ke pojok kiri gawang Wales.

Promosi BRI Cetak Laba Rp15,98 Triliun, ke Depan Lebih Fokus Hadapi Tantangan Domestik

Dua menit kemudian Ramin Rezaeian menggandakan keunggulan Iran memanfaatkan longgarnya pertahanan Wales. Menerima umpan Mehdi Taremi, Ramin dengan tenang menceploskan bola ke gawang yang ditinggal maju Danny Ward.

Baca Juga: Jadwal Piala Dunia 2022 Hari Ini: Belanda vs Ekuador, Inggris vs AS

Wales sebenarnya lebih banyak menguasai bola 62 persen menurut catatan Transfermarkt. Namun Wales  kalah jauh dalam upaya melepaskan tembakan ke gawang, yaitu 21 berbanding 10.

Pada 10 menit pertama, Wales dan Iran sama-sama memiliki kans mencetak gol. Wales yang langsung mengisiasi serangan memiliki peluang pada menit 3 saat Neco Williams melepaskan tembakan dari luar kotak penalti yang masih melebar.

Empat menit kemudian upaya Iran melalui tembakan Sardar Azmoun memanfaatkan assist Mehdi Taremi masih bisa diselamatkan penjaga gawang Wayne Hennessey.

Baca Juga: Hasil dan Klasemen Piala Dunia 2022: Ronaldo Bawa Portugal Puncaki Grup H

Peluang terbaik dimiliki Wales pada menit ke-12 melalui Kieffer Moore yang melepaskan tendangan first time menyambut umpan menyilang Connor Roberts. Namun kiper Seyed Hossein Hosseini berada di posisi yang tepat di bawah mistar.

Tiga menit berselang Iran mencetak gol berkat kerja sama satu-dua antara Ali Gholizadeh dan Sardar Azmoun. Namun gol Ali itu dianulir oleh VAR karena Sardar terlebih dulu offside.

Pada menit 20, Ahmad Noorollahi mengancam gawang Wales dari luar kotak penalti setelah menerima umpan Mehdi Taremi. Hanya bola hasil tembakannya masih bisa diblok.

Baca Juga: Babak Pertama Rampung, Iran Paksa Wales Imbang Tanpa Gol

Peluang yang sama dikemas oleh Sardar Azmoun tiga menit berselang. Sundulan kepalanya menyambut set piece Ramin Rezaeian masih melebar ke kiri.

Terus digempur, Wales mencoba membalas. Kali tembakan kaki kiri Gareth Bale pada menit ke-29 mengarah ke pojok kanan bawah gawang Iran masih bisa diselamatkan Iran.

Tiha menit menjelang laga berakhir Harry Wilson melepaskan tembakan kaki kiri dari luar kotak penalti. Hanya saja upayanya masih bisa dimentahkan Iran. Skor 0-0 bertahan hingga peluit panjang dibunyikan.

Baca Juga: Jadwal Piala Dunia 2022 Hari Ini: Belanda vs Ekuador, Inggris vs AS

Babak kedua dimulai. Wales pertama mengancam lewat Aarom Ramsey, namun Kieffer Moore sudah terjebak offside pada menit 50.

Satu menit kemudian eksekusi pemain Iran dua kali mengenai tiang gawang Hennessey. Yang pertama tembakan kaki kiri Ali Gholizadeh membentur kiri tiang gawang dan selanjutnya bola tembakan Sardar Azmoun mengenai tiang gawang sisi kanan.

Pada menit ke-57 pelatih Wales Robert Page melakukan dua pergantian pemain. Daniel James menggantikan Harry Wilson dan Brennan Johnson masuk menggantikan Cornor Roberts.

Baca Juga: Hasil Piala Dunia 2022: Brace Richarlison Bawa Brasil Atasi Serbia 2-0

Langkah yang sama juga dilakukan pelatih Iran Carlos Queiroz yang melakukan tiga pergantian pemain termasuk menarik keluar Sardr Azmoun dan Ali Gholizadeh pada menit 68 dan 77.

Wales kembali melakukan pergantian pemain dengan memasukkan Joe Allen menggantikan Ethan Ampadu. Selanjutnya Iran melakukan pergantian pemain terakhir dengan mengganti Saeid Ezatolahi dengan Ali Karimi di menit ke-83.

Empat menit kemudian, petaka menghampiri Wales saat penjaga gawang Wayne Hannessey dikartu merah karena mengadang pemain Iran di depan kotak penalti. Wales pun menggantinya dengan Danny Ward dan menarik keluar Ramsey.

Baca Juga: Hasil Piala Dunia 2022: Portugal Tundukkan Ghana 3-2



Menit tersisa dimanfaatkan Iran untuk menyerang total Wales. Peluang pun didapat dari Mehdi Torabi sebelum Roozbeh Cheshmi dan Ramin Rezaeian mencatatkan namanya di papan skor. Skor 2-0 untuk Iran.

 

Susunan pemain Wales vs Iran:

Wales: Wayne Hennessey, Neco Williams, Ben Davies, Chris Mepham, Joe Rodon, Harry Wilson/ Daniel JAMES 57’, Aaron Ramsey, Gareth Bale, Connor Roberts/Brennan JOHNSON 57’, Ethan Ampadu/Joe ALLEN 77’, Kieffer Moore. Pelatih: Robert Page.

Iran: Seyed Hossein Hosseini, Ehsan Hajsafi/ Mahdi TORABI 77’, Milad Mohammadi, Saeid Ezatolahi/ Ali KARIMI 83’, Morteza Pouraliganji, Mehdi Taremi, Ali Gholizadeh/ Alireza JAHANBAKHSH 77’, Majid Hosseini, Sardar Azmoun/ Karim ANSARIFARD 68’, Ahmad Nourollahi/ Roozbeh CHESHMI 77’, Ramin Rezaeian. Pelatih: Carlos Queiroz

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya