SOLOPOS.COM - Pemain Singapura Song Ui-Young menghindari tekel pemain Laos pada laga Grup B Piala AFF 2022 di Stadion Nasional KM16 pada Selasa (27/12/2022). (AFF Cup 2022)

Solopos.com, VIENTIANE—Juara empat kali Singapura harus bekerja keras untuk mengalahkan tuan rumah Laos 2-0 pada pertandingan kedua Grup B Piala AFF 2022 di Stadion Nasional KM16 pada Selasa (27/12/2022).

Laos yang terorganisasi dengan baik efektif menahan gempuran Singapura. Namun sundulan Irfan Fandi pada menit ke-32 dan gol Shawal Anuar pada menit ke-94 menjadi pembeda pada laga tersebut.

Promosi Nusantara Open 2023: Diinisiasi Prabowo, STY Hadir dan Hadiah yang Fantastis

Ini adalah kemenangan kedua The Lions. Anak asuh Takayuki Nishigaya sebelumnya mengalahkan Myanmar dengan skor 3-2. Hasil ini membuat Singapura tetap berada di posisi ketiga klasemen dengan poin 6 dengan selisih gol plus 3.

Baca Juga: Data dan Fakta Chelsea vs Bournemouth: 3 Laga Terakhir The Blues Gagal Menang

Laos terpaksa melakukan perubahan di menit-menit terakhir sebelum kick-off karena kiper Phounin Xayasone mengalami cedera saat pemanasan. Laos pun memasukkan kiper kedua Keo-Oudone Souvannasangso.

Sementara itu, penjaga gawang berusia 38 tahun Hassan Sunny dan bek tengah Irfan termasuk di antara pemain starter untuk Singapura.

Meski kebobolan 11 gol dalam dua pertandingan pertama mereka, Laos asuhan Michael Weiss memberikan perlawanan berarti selama 90 menit. Peluang pertama didapat kapten Soukaphone Vongchiengkham yang mencatatkan rekor caps ke-54. Dia menguji Hassan dari jarak jauh pada menit ke-11.

Baca Juga: Jadwal Liga Inggris Malam Ini: Chelsea vs Bournemouth, MU vs Nottingham Forest

Zulfahmi Arifin kemudian memberikan perlawanan dengan memberikan percobaan tendangan jarak jauh pada menit ke-18. Melewati setengah jam permainan , Ilhan Fandi melakukan tendangan bebas dengan jarak hampir 40 yard dan kakaknya Irfan menanduk bola dari Zulfahmi dan memberi tim tamu keunggulan 1-0.

Laos nyaris menyamakan kedudukan di menit akhir babak pertama saat Ekkamai Ratxachak yang mendapat dukungan dari Chony Wenpaserth menerobos jantung pertahanan Singapura. Tetapi Singapura menarik napas lega saat tendangan pemain berusia 20 tahun itu dari tepi kotak penalti masih melewati tiang gawang.

Tim besutan Weiss bahkan semakin dekat untuk mencetak gol setelah babak kedua dimulai ketika tendangan kaki kiri Phithack Kongmathilath dari jarak jauh mengalahkan Hassan yang berpengalaman di gawang Singapura dan membentur mistar gawang pada menit ke-47.

Baca Juga: Liga Inggris Kembali Bergulir, Arsenal Langsung On Fire

Tiga menit kemudian, Faris Ramli mengecoh kiper Keo-Oudone. Namun tembakannya berhasil diblok Anantaza Siphongphan sebelum upaya penyerang Singapura itu berhasil digagalkan oleh kiper Laos.

Hassan kemudian menggagalkan upaya Chony pada menit ke-60. Singapura membalas ketika Shahdan Sulaiman memaksa Keo-Oudone melakukan penyelamatan dari salah satu peluang mencetak gol yang langka di menit ke-83.

Laos terus berusaha untuk menyamakan kedudukan, namun justru Singapura yang berhasil menggandakan keunggulan. Pemain pengganti Anuar memperdaya Keo-Oudone di menit akhir babak kedua, yang membuat laga berakhir untuk kemenangan Singapura 2-0.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya