SOLOPOS.COM - Ilustrasi bermain video game (dailymail.co.uk)

Solopos.com, SOLO – Penelitian terbaru menyebutkan bahwa bermain video game ternyata mampu meningkatkan moral bagi pemainnya. Pemain video game yang kalah saat bermain cederung memiliki emosional yang lebih baik daripada mereka yang tak pernah bermain video game.

Penelitian yang dipimpin oleh Dr Mattew Grizzard, asisten profesor dari Universitas Buffalo, Amerika Serikat mengatakan bermain video game lebih meningkatkan kepekaan moral jika dibanding dengan bermain game-game populer lainnya. Hal tersebut dikarenakan bemain video game lebih mirip dengan kehidupan nyata yang membuat pemain lebih tergerak untuk membantu orang lain.

Promosi Bukan Mission Impossible, Garuda!

Dilansir Daily Mail, Senin (14/7/2014), penelitian yang melibatkan 185 relawan secara acak ini memerintahkan mereka untuk memainkan game tembak sebagai teroris maupun tentara PBB. Mereka juga diminta untuk mengingat peristiwa kehidupan nyata yang mereka alami sebagai bentuk bagian dari kehidupan mereka.

Ekspedisi Mudik 2024

Setelah mereka bermain game dan mengingat beberapa kenangan, pemain diberikan kuesioner yang dirancang untuk menilai betapa pentingnya nilai moral mereka. Termasuk di dalamnya keadilan, kesetiaan dalam kelompok, maupun empati.

Hasilnya, peneliti menemukan pemain yang memainkan video game kekerasan ternyata memiliki rasa bersalah yang lebih tinggi sehingga berpengaruh pada sensitivitas yang lebih besar saat mereka melanggar aturan.

“Temuan kami menunjukkan bahwa pengalaman emosional yang ditimbulkan oleh paparan media dapat meningkatkan pondasi intuitif di mana manusia membuat penilaian moral,” ujar Grizzard.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya