SOLOPOS.COM - Logo Facebook (ilustrasi)

Hasil penelitian menyebutkan meninggalkan Facebook dapat membuat hidup lebih bahagia.

Solopos.com, SOLO – Hasil penelitian menyebut Facebook memiliki pengaruh buruk pada kehidupan manusia. Pengguna Facebook akan cenderung sering iri? Tak punya kehidupan sosial dan sulit berkonsentrasi? Karenanya hasil penelitian mengatakan meninggalkan Facebook bisa bikin hidup Anda lebih bahagia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Penelitian tersebut diteliti Happiness Research Institute melibatkan 1.095 sampel warga Denmark yang terbagi menjadi dua kelompok, setengah yang masih menggunakan Facebook dan setengahnya tidak.

“Kami fokus pada Facebook karena itu adalah media sosial yang banyak dipakai orang dari berbagai kalangan usia,” kata Meik Wiking, chief excutive HRI seperti dilansir Antara dari AFP di Kopenhagen, ibu kota Denmark.

Setelah sepekan, mereka yang tak membuka Facebook merasa lebih puas dengan hidup mereka, sebanyak 88 persen menyatakan mereka merasa “senang” ketimbang 81 persen dari grup kedua.

Japan Today mengabarkan sebanyak 84 persen mengatakan mereka menghargai hidupnya dibandingkan dengan 75 persen dari kelompok lain, dan hanya 12 persen mendeskripsikan mereka tetap merasa tidak puas, dibandingkan dengan 20 persen dari mereka yang tetap menggunakan Facebook.

Pada akhir eksperimen, orang-orang yang tak membuka Facebook merasa memiliki kehidupan sosial yang lebih bervariasi dan tak mendapat banyak kesulitan dalam berkonsentrasi, sementara kelompok lainnya tidak berubah.

“Ketimbang fokus pada apa yang kita sebenarnya butuhkan, kita punya kecenderungan tak baik untuk fokus pada apa yang orang lain punya,” tulis peneliti studi.

Pengguna Facebook memiliki peluang 39 persen merasa kurang bahagia dibandingkan mereka yang tidak memakai media sosial itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya