SOLOPOS.COM - Ilustrasi (yousaytoo,com)

Hasil penelitian menyebutkan tidur siang memiliki manfaat besar bagi kesehatan.

Solopos.com, SOLO – Penelitian terbaru menyebutkan manfaat yang dapat diambil tubuh dari tidur siang. Tak hanya bisa menyegarkan tubuh, tidur siang juga terbukti dapat menurunkan tekanan darah dan mencegah serangan jantung.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hasil penelitian tersebut diungkap setelah peneliti melakukan penelitian yang melibatkan 400 pria dan wanita paruh baya. Mereka yang tergolong sering tidur siang memiliki kecenderungan memiliki tekanan darah lebih rendah.

Ekspedisi Mudik 2024

Sebagaimana dilansir Antara dari Telegraph, Mingu (30/8/2015), temuan ini dipresentasikan di konferensi tahunan European Society of Cardiology di London. Penelitian menunjukkan tekanan darah lebih rendah saat bangun tidur dan selama tidur di malam hari.

Peneliti dari Asklepieion Voula General Hospital di Athena memeriksa tekanan darah 200 pria dan 186 perempuan berusia rata-rata 61 tahun, sebagian dari mereka tidur siang secara teratur.

Menurut hasil studi, tekanan darah orang yang tidur siang rata-rata lima persen lebih rendah ketimbang yang tetap terjaga. Perbedaan kecil, sekitar lima persen, cukup untuk memberi dampak signifikan terhadap tingkat serangan jantung.

Penurunan dalam jumlah yang lebih kecil didapati bisa mengurangi kemungkinan penyakit kardiovaskular sampai 10 persen. Peneliti utama Dr Manolis Kallistratos dan para ahli jantung di Asklepieion Voula General Hospital menyatakan gaya hidup modern mesti meminjam sebagian kebiasaan masa lampau.

“Dua Perdana Menteri Inggris yang berpengaruh adalah seorang pendukung tidur siang. Winston Churchill mengatakan kita harus tidur beberapa waktu di antara makan siang dan makan malam, sementara Margaret Thatcher tidak mau diganggu sekitar pukul 03.00 sore,” kata dia.

“Menurut penelitian kami, pendapat mereka benar karena tidur siang memang menurunkan tekanan darah dan mungkin bisa mengurangi pengobatan antihipertensi,” lanjut Dr Manolis Kallistratos.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya