SOLOPOS.COM - Ilustrasi segelas teh. (JIBI/Solopos/Dok.)

Hasil penelitian terbaru yang dilansir media massa Inggris mengungkapkan bahwa teh bukan hanya membuat relaks, tetapi juga meningkatkan kinerja otak.

Solopos.com, SOLO — Secangkir teh kerap diiklankan sebagai minuman yang tepat menjadi teman saat bersantai. Selain dipercaya dapat memberikan efek relaks, teh juga dianggap berkhasiat meningkatkan kinerja otak. Aktivitas saraf bahkan disebut-sebut bakal meningkat sekitar setengah jam setelah minum teh hitam atau hijau.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Setidaknya, demikianlah hasil penelitian terbaru yang dilansir laman Dailymail.co.uk, Sabtu (2/5/2015). Penelitian itu dilakukan oleh sejumlah pakar dari Universitas Newscastle yang menyelidiki pola gelombang otak seseorang setelah mengonsumsi teh. Hasilnya, mereka menyimpulkan bahwa kandungan flavonoid (antioksidan) dalam secangkir teh memainkan peran penting dalam meningkatkan kinerja saraf otak.

Delapan orang relawan diminta oleh para peneliti dari salah satu perguruan tinggi di Inggris itu untuk meminum secangkir teh hitam dan hijau sebelum mengerjakan soal ujian. Hasilnya, ada peningkatan yang signifikan dalam gelombang otak mereka. Kedua jenis teh tersebut terbukti dapat merangsang aktivitas yang terkait dengan fungsi kognitif.

Pemimpin penelitian itu, Edward Okello, Direktur Eksekutif dari Medicinal Plant Researh Group di Universitas Newcastle mengatakan, “Teh memiliki berbagai manfaat, seperti meningkatkan perhatian, serta menjernihkan pikiran.”

Penelitian itu memberikan bukti lebih lanjut tentang manfaat teh. Hingga kini, 80% masyarakat Inggris terbiasa meminum teh sebelum beraktivitas, bahkan ada tradisi khusus minum teh pada sore hari di Inggris. (Chelin Indra/JIBI/Solopos.com)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya