HASIL PENELITIAN TERBARU : Radiasi Ponsel Tidak Berbahaya Bagi Tubuh

 Ilustrasi pemakaian smartphone (Pictagram)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemakaian smartphone (Pictagram)

Hasil penelitian terbaru mengungkapkan bahwa radiasi ponsel tidak berbahaya bagi tubuh.

Solopos.com, SOLO – Selama ini, sejumlah hasil penelitian menyebutkan radiasi ponsel memicu berbagai masalah kesehatan. Itulah sebabnya para pengguna ponsel diimbau untuk berhati-hati. Namun, hasil penelitian terbaru menyebutkan jika radiasi ponsel tidak berbahaya bagi kesehatan.

Dilansir New York Post, Jumat (16/3/2018), hasil temuan dari National Toxicology Program (NTP), Amerika Serikat, menyebut radiasi ponsel tidak memicu penyakit seperti yang dikhawatirkan selama ini. John Bucher, salah satu ilmuwan senior dari NTP, mengatakan, timnya telah melakukan beberapa percobaan dengan tikus sebagai objek.

“Hasil penelitian ini sangat mencengangkan. Kami melakukan percobaan terhadap beberapa tikus. Kami membagi tikus dalam dua kelompok. Pertama diberi ponsel agar terpapar radiasi ponsel, dan yang kedua tidak. Hasilnya, tikus yang terpapar radiasi lebih panjang umur ketimbang yang tidak,” kata John Bucher.

John Bucher menambahkan, radiasi ponsel tidak ada hubungannya dengan kanker. Dia menegaskan bahwa radiasi tersebut sama sekali tidak mengganggu kesehatan. Meski demikian, dia meminta pengguna ponsel lebih bijaksana.

“Meski tidak berbahaya, Anda tetap harus bijaksana dalam menggunakan ponsel. Jangan melakukan panggilan terlalu lama dengan menempelkan ponsel di telinga. Selain itu, jauhkan ponsel saat hendak tidur. Tubuh tetap memerlukan istirahat yang cukup di tempat steril agar terhindar dari radiasi frekuensi radio dari ponsel,” tegasnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Les' Copaque Bantah Upin dan Ipin Meninggal di Sulawesi

Les' Copaque Production membantah kabar Upin dan Ipin meninggal di Sulawesi.

Gibran Dilaporkan ke KPK, Legislator DPRD Solo: Laporkan Balik

Wakil Ketua DPRD Solo Taufiqurrahman menilai perlu untuk Gibran dan Kaesang yang telah dilaporkan ke KPK untuk melaporkan balik si pelapor.

Neraca Perdagangan Indonesia Surplus US$35,34 M, Tertinggi Sejak 2006

Menko Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, menyebut neraca perdagangan Indonesia pada 2021 mengalami surplus tertinggi sejak 2006 atau 15 tahun lalu.

Sampah Kayu di Kali Buntung Sukoharjo Bersih Usai Dikeruk Alat Berat

Proses pengerukan sampah kayu di Jembatan Cendini selama sekitar tiga jam dan akhirnya aliran air Kali Buntung kembali lancar.

Duh! Moto GP Mandalika Bisa Terancam Gegara Aturan Karantina

Baru-baru ini, CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, menyatakan tak mau menggelar balapan di negara yang menerapkan karantina untuk pembalap hingga kru.

Pekan Ini Jembatan Gantung Girpasang Klaten Segera Diresmikan

Jembatan gantung membentang sejauh 120 meter di atas jurang sedalam 150 meter antara Dukuh Ngringin dengan Dukuh Girpasang

Siap Layani Penerbangan Haji, Garuda akan Pakai Jenis Pesawat Ini

Maskapai penerbangan nasional PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk menyiapkan armada khusus penerbangan haji pada 2022.

Kabar Duka, Kades Glagahwangi Klaten Berpulang pada Usia 41 Tahun

Kades Glagahwangi, Polanharjo, Klaten, Atit Novitasari, meninggal dunia di RSUP dr. Sardjito Yogyakarta, Selasa (18/1/2022) pukul 09.00 WIB.

Soal Bank Sampah di Tiap RW untuk Papi Sarimah, DLH Solo: Dikaji Dulu!

Dinas Lingkungan Hidup atau DLH Solo menyatakan perlu dikaji dulu soal usulan satu bank sampah di tiap RW untuk mendukung program Papi Sarimah.

Mengenal Frederika Cull, Pemeran Miranda di Layangan Putus

Bagaimanakah perasaan Frederika Cull menjadi salah satu pemeran Layangan Putus, berperan sebagai Miranda?

Kapolri Impikan Polisi Punya Kemampuan Auditor Keuangan

Kapolri menyebutkan, pentingnya pemberian sertifikat CSFA untuk para perwira menengah dan perwira pertama Polri agar memiliki kemampuan untuk melakukan audit.

Tak Boleh Digunakan Berdagang, Kios Darurat Pasar Legi Solo Dibongkar

Pemkot Solo juga mengimbau pedang Pasar Legi yang belum pindah ke bangunan baru Pasar Legi untuk bisa memasuki pasar sebelum peresmian dilakukan

Alasan Bank BJB Optimistis Tatap 2022 Lebih Cerah

Bank BJB pada 2021 telah melakukan berbagai inovasi dan pengembangan digitalisasi sehongga berdampak pada pendapatan fee based income yang naik signifikan.

Mau Liat Indekos Jokowi hingga Mahfud MD di Jogja? Kunjungi Kampung Ini

Kelurahan Terban di Kota Jogja tengah mengembangkan konsep wisata nostalgia karena di daerah itu terdapat indekos yang pernah ditempati Presiden Jokowi.

Ahli Kepolisian: Penembakan Anggota Laskar FPI Seusai Prosedur

Penembakan empat anggota FPI yang dilakukan oleh dua polisi di Tol KM 50 tidak menyalahi prosedur karena insiden itu masuk kategori situasi ekstrem.

Ketimpangan Pengeluaran dan Pengaruh Buta Huruf Terhadap Kemiskinan

Angka ketimpangan pengeluaran dan rasio angka buta huruf dan pengaruhnya terhadap kemiskinan.