SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Makanan pedas merupakan salah satu jenis yang sangat disukai banyak orang. Rasa pedas yang menggelitik lidah memang membangkitkan selera makan. Namun perlu diingat, rasa pedas itu tidak mudah hilang.

Sebagian orang percaya rasa pedas di lidah bisa dihilangkan dengan meneguk minuman hangat seperti susu. Namun, tahukah Anda tentang kebenaran pendapat tersebut?

Promosi BRI Group Buka Pendaftaran Mudik Asyik Bersama BUMN 2024 untuk 6.441 Orang

Dikutip dari Medical Daily, Kamis (4/7/2019), hasil penelitian terbaru dari Penn State University di Pensylvania, Amerika Serikat, menyebut susu memang berkhasiat menghilangkan rasa pedas yang menempel di lidah. Hasil penelitian diperoleh setelah peneliti melakukan percobaan kepada 72 responden.

Para responden diminta untuk mengonsumsi makanan pedas. Selanjutnya, peneliti memberikan beberapa minuman seperti air putih, susu murni, susu skim, soda, hingga sirup sebagai penawar rasa pedas. Partisipan diminta menceritakan sensasi yang muncul seusai meneguk minuman tersebut.

Hasilnya, peneliti menemukan susu murni dan skim merupakan pereda rasa pedas paling ampuh. Mereka tidak menyangka susu skim sama efektifnya mengurangi rasa pedas seperti susu murni. Agaknya kandungan lemak pada susu bukanlah faktor penentu. Peneliti menyimpulkan jumlah protein di dalam susu menjadi salah satu faktor penghilang rasa pedas membakar di lidah.

Peneliti dari Departement of Food Science, University of Massachusetts, Amerika Serikat, Alissa Nolden, mengatakan, lemak, protein, dan gula membantu mengurangi efek pedas dari zat capsaicin pada cabai. Itulah sebabnya susu cukup ampuh menjadi penawar rasa pedas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya