SOLOPOS.COM - Sponge laut (en.wikipedia.org)

Hasil penelitian mengungkap spons adalah hewan pertama di Bumi.

Solopos.com, SOLO – Hasil penelitian menyebut hewan spons laut yang identik dengan kartun Spongebob adalah hewan pertama di Bumi. Penelitian itu dilakukan di Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Promosi Mimpi Prestasi Piala Asia, Lebih dari Gol Salto Widodo C Putra

Peneliti mengungkapkan spons laut hadir bahkan sebelum kebanyakan hewan muncul jutaan tahun yang lalu. Genetik analisis baru mengonfirmasi molekul misterius ditemukan di bebatuan yang berusia sekitar 640 juta tahun adalah dari spons laut.

Ini berarti bahwa spons laut sudah ada sebelum ledakan Kambrium, periode yang dimulai sekira 540 juta tahun yang lalu ketika sebagian besar hewan purba dilaporkan muncul.

“Kami membawa bersama-sama bukti paleontologis dan genetik untuk membuat kasus yang cukup kuat bahwa ini benar-benar adalah fosil molekul spons,” kata David Gold dari MIT dikutip Okezone dari Tech Times, Jumat (26/2/2016).

Meskipun penemuan rintisan ini telah diakui, hasilnya membawa lebih banyak pertanyaan tentang spons laut yang hidup jutaan tahun yang lalu. Penemuan ini dapat memacu keingintahuan di antara para ilmuwan tentang bagaimana penampilan organisme ini dan seperti apa lingkungan mereka.

Fosil molekuler dapat berfungsi sebagai petunjuk berharga untuk menjawab pertanyaan tersebut. Sekadar infromasi, studi ini dipublikasikan dalam proceedings jurnal National Academy of Sciences.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya