SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Sebuah penelitian baru dilakukan oleh Duke University di Durham, North Carolina tentang lamanya waktu tidur yang dibutuhkan oleh pria dan wanita. Hasil dari penelitian tersebut menyatakan wanita lah yang lebih banyak membutuhkan waktu tidur.

Studi yang dipimpin oleh psikolog sekaligus pakar tidur, Dr Michael Breus ini menyatakan, wanita lebih banyak memiliki gangguan mental dan fisik akibat istirahat yang kurang cukup. Mereka memliki potensi yang lebih besar untuk terkena penyakit jantung, depresi, dan stroke.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kami menemukan wanita memiliki lebih banyak depresi dan wanita lebih mudah marah,” kata Dr Breus kepada wartawan, sebagaimana dikutip oleh Medical Daily, Senin (5/8/2019)

Selain dari studi tersebut, ilmuwan lain juga menyatakan wanita lebih banyak menggunakan otaknya daripada pria, oleh karena itu tidur memiliki fungsi utama untuk memulihkan otak dan memperbaiki kerja otak.

“Selama tidur nyenyak, korteks yang bertanggung jawab atas pikiran, memori, bahasa dan sebagainya akan mengurangi aktivitasnya dan beristirahat,” ujar Jim Horne, direktur Sleep Research Center di Loughborough University di Inggris.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh National Sleep Foundation, rata-rata orang dewasa membutuhkan waktu tidur selama 7-9 jam setiap harinya, namun ia mengatakan bahwa 80% dari mereka masih mengalami tidur yang kurang.

Tidur yang cukup memberikan banyak manfaat, yakni tubuh yang lebih sehat, pertumbuhan badan, menjaga berat badan, meningkatkan suasana hati, serta otak dapat berfungsi sepenuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya