SOLOPOS.COM - Ilustrasi penggunaan Internet menggunakan smartphone (Istimewa/Huffington Post)

Hasil penelitian tentang efek negatif cahaya layar gadget terhadap kesehatan mata.

Solopos.com, SOLO – Gadget sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia karena memiliki banyak manfaat. Namun, manusia perlu waspada mengenai efek negatif yang ditimbulkan gadget. Hasil penelitian terbaru mengungkapkan pancaran cahaya dari layar gadget membuat mata cepat lelah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dikutip Solopos.com dari Discovery.com, Rabu (12/8/2015), pancaran cahaya layar gadget membuat kerja otot dan retina mata membuat indera penglihatan tersebut cepat lelah. Selain itu, membaca tulisan atau artikel dari gadget membuat kerja mata semakin berat.

Praktisi kesehatan mata mengatakan bahwa warna biru yang terkandung dalam cahaya gadget menjadi penyebab mata cepat lelah. Cahaya biru mampu menembus makula, bagian paling sensitif dari retina mata. Kerusakan pada makula mengakibatkan gangguan penglihatan, seperti penglihatan kabur.

“Pancaran cahaya biru dari gadget Anda menimbulkan efek yang cukup berbahaya bagi kesehatan mata. Cahaya biru dapat menembus bagian terdalam mata dan merusak kerja retina,” ujar seorang praktisi kesehatan, Dr. Ronald Melton.

Dilansir Huffingtonpost.com, praktisi kesehatan lain, Dr. Matthew Alpert, menyarankan sering mengedipkan mata, mengambil jarak pandang yang ideal, dan menghindari ketegangan untuk mengurangi efek negatif cahaya layar gadget. (Guruh Putra Tama/JIBI/Solopos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya