Ilustrasi jalan kaki (Pictagram)

Solopos.com, SOLO – Jalan kaki merupakan aktivitas ringan yang dilakukan hampir semua orang setiap hari. Meski sangat sederhana, kecepatan berjalan kaki disebut menjadi salah satu tolok ukur kesehatan.

Hasil penelitian yang diterbitkan dalam Mayo Clinick Journal dari Mayo Clinic Proceedings seperti dikutip dari In Style, Jumat (14/6/2019), menyebut orang yang berjalan kaki dengan cepat memiliki angka harapan hidup lebih panjang. Hasil penelitian ini berlaku untuk semua orang, baik yang berat badannya ideal maupun tidak.

Orang yang terbiasa berjalan kaki dengan cepat diperkirakan bisa bertahan hidup hingga usia 86-87 tahun utuk wanita dan 85-86 tahun pada pria. Sementara orang yang jalannya lambat angka harapan hidupnya pun pendek, sekitar 72 tahun untuk wanita dan 64 tahun pada pria.

Para peneliti menyebut jalan kaki termasuk olahraga sederhana yang bisa dilakukan kapan pun di mana saja. Berjalan kaki sekitar 30 menit dapat mengurangi berbagai risiko masalah kesehatan, seperri varises. Bahkan, jalan kaki membantu meningkatkan suasana hati dan membuat seseorang lebih kreatif.

Berjalan kaki juga membantu menurunkan berat badan, melancarkan sistem pencernaan, serta memperkuat otot anggota gerak. Jadi, mulai sekarang jangan pernah malas berjalan kaki ya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten