SOLOPOS.COM - Drama Korea My Lovely Girl (Istimewa)

Hasil penelitian menyebutkan menonton drama televisi mampu meningkatkan kecerdasan emosi.

Solopos.com, SOLO – Kabar gembira bagi Anda pencinta drama televisi. Menurut penelitian Psychology of Aesthetics, Creativity, and the Arts drama televisi ternyata bisa meningkatkan kecerdasan emosi dan membuat Anda lebih berempati.

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

Dalam penelitian itu, peneliti meminta sekitar 100 orang partisipan untuk menonton drama televisi atau film dokumenter, sebelum mereka menjalani tes psikologis. Tes yang ini bertujuan mengukur kecerdasan emosi partisipan.

Di akhir tes, sebagaimana dikutip Antara dari Heatlh.com, Jumat (23/10/2015), mereka menemukan partisipan yang menonton drama fiksi mendapatkan hasil tes lebih baik dibandingkan mereka yang menonton tayangan nonfiksi.

Peneliti mengungkapkan, narasi fiksi dapat membuat penontonnya melihat masalah dari berbagai perspektif. Karena tidak semua emosi karakter diperlihatkan, maka penonton seakan dipaksa menebak-nebak perasaan dan pemikiran karakter itu.

Dengan kata lain, saat seseorang menonton tayangan yang menggugah emosi, maka ini bisa melatihnya bersimpati pada orang lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya