SOLOPOS.COM - Planet Bumi (JIBI/Dok)

Hasil penelitian terbaru NASA menemukan Bumi baru

Solopos.com, SOLO – Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) kembali menjadi sorotan dunia. Mereka berhasil menemukan planet selain Bumi yang layak dihuni umat manusia.

Promosi Liga 1 2023/2024 Dekati Akhir, Krisis Striker Lokal Sampai Kapan?

Dilansir Mirror.co.uk, Selasa (21/7/2015), NASA berhasil menemukan planet ‘saudara’ Bumi tersebut melalui Program Teleskop Luar Angkasa Kepler. 

Program tersebut memang dirancang NASA untuk membantu ilmuwan-ilmuwan di seluruh dunia memecahkan misteri keberadaan planet laik huni selain Bumi.

NASA juga merancang Pesawat Luar Angkasa Kepler untuk menunjang misi eksplorasi planet baru tersebut. Pesawat itu diluncurkan tahun 2009 dengan tujuan utama menemukan lokasi Exoplanets.

Exoplanets merupakan planet-planet yang berciri hampir sama seperti Bumi dan memiliki sistem tata surya yang  aman untuk menunjang kehidupan manusia.

“Exoplanets biasanya berukuran lebih kecil dari Bumi. Hal tersebut sebenarnya sudah dibahas para ilmuwan sejak 21 tahun yang lalu. Para ilmuwan sepakat mengembangkan penelitian untuk menemukan sesuatu yang sudah lama diimpikan manusia, yaitu Bumi baru,” ungkap pejabat NASA.

NASA akan menggelar konferensi pers resmi untuk memaparkan hasil penemuan terbaru Program Teleskop Luar Angkasa Kepler, Kamis, (23/7/2015). Konferensi pers tersebut kemungkinan besar juga akan membahas hasil misi eksplorasi Pesawat Luar Angkasa Kepler tentang planet laik huni baru.

Sejak diluncurkan tahun 2009, Pesawat Luar Angkasa Kepler berhasil menemukan 1.028 planet baru, 22 diantara planet tersebut diyakini dapat menunjang kehidupan manusia. (Guruh Putra Tama/JIBI/Solopos.com)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya