SOLOPOS.COM - Logo LIPI (Okezone)

Hasil penelitian yang dilakukan LIPI, Nanobubble, membuat pertumbuhan ikan meningkat 40%.

Solopos.com, JAKARTA — Teknologi gelembung kecil, nanobubble, hasil penelitian dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mampu meningkatkan pertumbuhan ikan hingga 40% dari bobot biasa.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sebagaimana dikutip dari Antara, Senin (28/3/2016), peneliti Balai Pengembangan Instrumentasi LIPI, Hilman Syaiful, mengatakan teknologi terbaru nanobubble dapat diaplikasikan di berbagai sektor, seperti tanaman, perikanan dan peternakan.

“Teknologi terbaru nanobubble untuk perikanan bisa mempercepat pertumbuhan ikan sampai 40%. Misalnya, kita aplikasikan ke ikan sidat, kalau pakai air biasa, pertumbuhan ikan tiga bulan hanya mencapai satu kilogram, kalau dengan bubble bisa mencapai 3-4 kilogram,” kata Hilman Syaiful.

Hilman mengatakan teknologi terbaru nanobubble dapat diaplikasikan di berbagai sektor, seperti tanaman, perikanan dan peternakan. Prinsip kerja anobubble adalah menginjeksi atau memasukkan gas, baik nitrogen, oksigen atau ozon ke dalam cairan yang kemudian akan menghasilkan gelembung sangat kecil hingga dapat larut ke air.

LIPI tahun ini mengembangkan teknologi terbaru nanobubble untuk ikan sidat yang memiliki potensi perekonomian sangat besar, dengan harga jualnya mencapai Rp1,5-Rp2 juta per kilogram apabila diekspor ke Jepang.

Menurut Hilman, air yang kaya dengan oksigen membuat ikan tidak mudah sakit dan mencegah bakteri-bakteri yang merugikan sehingga pertumbuhan ikan meningkat secara signifikan.

“Biasanya kalau pakai aerator biasa, gelembungnya besar-besar akibatnya akan pecah di atas dan oksigen yang terlarut sangat sedikit. Jika dikuantifikasikan paling besar hanya 4 part per million, sedangkan nanobubbling bisa 9-11 ppm,” ujar Hilman.

Untuk pemasangan, Hilman menjelaskan alat tersebut terbilang murah karena bentuknya yang seperti pompa air biasa dan kebutuhan daya listrik yang sama dengan pompa.

Biaya pemasangan untuk kapasitas 5m3 per jam hanya berkisar Rp3juta-Rp5 juta, namun saat ini masih dikembangkan secara prototipe atau hanya dibuat beberapa model untuk dimanufaktur.

Selain untuk budi daya, teknologi terbaru nanobubble dengan injeksi gas nitrogen juga mampu untuk mengawetkan ikan sehingga dapat memperlambat pembusukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya