SOLOPOS.COM - Lubang galian di Luxor, Mesir, didokumentasi oleh Egypt Antiquitiest Department. (Livescience.com)

Mumi langka ini diklaim berasal dari dari dinasti ke 21.

Solopos.com, KAIRO – Mumi dalam kondisi yang masih utuh ditemukan di dinding pagar selatan laut yang banyak disebut Temple of Millions of Years, Mesir. Kepala departemen purbakala mesir, Mahmoud Afifi, mengatakan mumi ini berasal dari dari dinasti ke 21.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Penemuan ini diklaim oleh arkeolog Spanyol sebagai salah satu yang paling bersejarah. Makam dari tempat peristirahatan mumi yang diduga seorang pria tersebut diperkirakan berasal dari periode menengah ketiga yang kemungkinan dari dinasti ke 21.

Mumi berusia 3.000 tahun yang didokumentasi Egypt Antiquitiest Department. (Istimewa/Livescience.com)

Mumi berusia 3.000 tahun yang didokumentasi Egypt Antiquitiest Department. (Istimewa/Livescience.com)

 

“Makam itu ditemukan di dinding pagar selatan laut yang disebut Temple of Millions of Year,” tutur Mahmoud Afifi kepala departemen purbakala Mesir, dilansir Livescience, Sabtu (19/11/2016).

Pria tersebut bernama Amenrenef yang bergelar Hamba Rumah Raja dan tak hidup pada masa kepemimpinan Thutmosis III. Mumi berusia 3.000 tahun tersebut memiliki banyak dekorasi berwarna-warni sebagai simbol keagamaan.

Mumi berusia 3.000 tahun yang didokumentasi Egypt Antiquitiest Department. (Istimewa/Livescience.com)

Bagian kepala mumi berusia 3.000 tahun (Istimewa/Livescience.com)

Kuil yang menjadi lokasi ditemukannya mumi Amenrenef dibangun di tepi barat Sungai Nil oleh firaun Thumotsis III yang merupakan prajurit raja Mesir terbaik.

“Saat kuil tersebut tidak berfungsi lagi, area tersebut digunakan sebagai pemakaman,” ungkap Seco Alvarez kepala tim arkeologi dari Spanyol.

Alvares telah bekerja di kuil tersebut sejak 2008 untuk mencatat inskripsi dan dekorasi termasuk simbol matahari yang melambangkan Dewa ISIS dan Nephthys.

Gambar Luxor "Temple of Millions of Years" yang dipublikasikan  Egypt Antiquitiest Department. (Livescience.com)

Gambar Luxor “Temple of Millions of Years” yang dipublikasikan Egypt Antiquitiest Department. (Livescience.com)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya