SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Sebuah studi baru yang dilakukan ilmuwan Jepang menunjukkan kucing ternyata bisa merespons suara yang memanggil nama mereka.

Para ilmuwan melakukan empat percobaan pada 16 hingga 34 kucing. Dalam percobaan yang hasilnya diterbitkan pada Kamis (4/4/2019), di jurnal Scientific Reports itu, kucing-kucing diperdengarkan rekaman suara pemilik mereka ataupun bukan. Rekaman itu menyebut daftar kata-kata yang lalu diikuti oleh nama sang kucing.

Promosi Peringati Hari Raya Nyepi, BRI Peduli Bagikan 1.000 Paket Sembako di Bali

Berdasarkan studi sebagaimana dikutip Antara, kata-kata yang diucapkan adalah “kata-kata benda dengan panjang dan aksen yang sama dengan nama sang kucing.”

Ekspedisi Mudik 2024

Rata-rata, kucing mulai kehilangan minat saat daftar itu dibacakan tapi lalu mereka jadi semangat, menggerak-gerakan kepala atau ekornya, saat mereka mendengar namanya disebut -bahkan saat orang asing yang menyebutnya.

“Hasil dari seluruh percobaan, tampak bahwa setidaknya kucing yang tinggal di rumah tangga biasa dapat membedakan nama mereka sendiri dari kata-kata umum dan nama-nama kucing lain. Ini adalah bukti eksperimental pertama yang menunjukkan kemampuan kucing untuk memahami ucapan verbal manusia.”

Studi ini menambahkan bahwa kucing kemungkinan besar hanya mengetahui nama mereka karena mereka terhubung dengan imbalan atau hukuman.

“Nama-nama kucing dapat dikaitkan dengan imbalan, seperti makanan, mengelus, dan bermain, atau dengan hukuman, seperti membawanya ke klinik hewan atau mandi,” kata studi.

Monique Udell, yang mempelajari perilaku binatang di Oregon State, mengatakan bahwa penelitian itu menunjukkan “kucing memperhatikan Anda, apa yang Anda katakan dan apa yang Anda lakukan, dan mereka belajar dari situ,” dilansir People, Senin (8/5/2019).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya