SOLOPOS.COM - Ilustrasi bocah balita (JIBI/Dok)

Hasil penelitian tentang kemampuan anak balita menguasai banyak kosakata memengaruhi perkembangan dan kesuksesan mereka.

Solopos.com, SOLO – Masa di bawah lima tahun (balita) pada anak-anak dianggap sebagai periode paling penting atau masa emas dalam perkembangan anak.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebuah hasil penelitian menguatkan anggapan tersebut. Para peneliti menyimpulkan kosakata yang dimiliki anak berumur dua tahun dapat menentukan kesuksesan mereka kelak.

Ekspedisi Mudik 2024

Dilansir Dailymail.co.uk, Kamis (20/8/2015), penelitian yang dilakukan beberapa universitas di Amerika Serikat mengungkapkan kosakata yang dikuasai anak berumur dua tahun mempengaruhi kesiapan mereka saat memasuki taman kanak-kanak (TK).

Para peneliti melibatkan sekitar 8.600 murid taman kanak-kanak untuk dijadikan sampel. Para peneliti menyimpulkan murid-murid yang tergolong cemerlang memiliki kosakata lebih banyak dari teman sebayanya saat berumur dua tahun.

Murid-murid tersebut juga memiliki kemampuan matematika dan membaca lebih baik dibandingkan teman mereka di taman kanak-kanak.

Seperti dimuat jurnal Child Development, para peneliti mengatakan anak berumur dua tahun dengan kosakata beragam memiliki kesempatan lebih baik untuk kuliah, berumah tangga, dan memiliki penghasilan layak.

“Hasil penelitian kami menemukan hubungan antara kosakata dan perkembangan anak-anak. Kekayaan kosakata memengaruhi kemampuan berpikir, bersosialisasi, dan menyelesaikan masalah pada anak-anak,” ujar peneliti dari PennsylvaniaStateUniversity, Paul Morgan. (Guruh Putra Tama/JIBI/Solopos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya