SOLOPOS.COM - Silika Gel (Amazine)

Hasil penelitian membuktikan bahwa silica gel ternyata sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari.

Solopos.com, SOLO — Anda pasti sudah pernah melihat silica gel bukan? Ya, benda kecil berbentuk mini sachet ini biasa kita temukan di dalam tas, sepatu, atau benda elektronik tertentu yang masih baru, dan tertera tulisan “jangan dimakan”.

Promosi Siap Layani Arus Balik, Posko Mudik BRImo Hadir di Rute Strategis Ini

Tahukah Anda? Di dalam sachet kecil tersebut, terdapat butiran-butiran bening senyawa kimia silikat.

Fungsi silica gel yang ditempatkan di dalam barang adalah sebagai pengontrol kelembaban agar tetap segar. Namun, ketika menemukan benda tersebut, sebagian dari kita mungkin akan membuangnya, karena tidak mengetahui kegunaan dari benda kecil ini.

Jika ditelisik lebih lanjut, ternyata silica gel masih bisa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Melalui Bussines Insider, Minggu (13/3/2016), Solopos.com rangkumkan beberapa manfaat jel silika untuk Anda.

1. Mengeringkan HP Basah
Jika smartphone Anda terjatuh ke dalam air, tak usah panik. Segera keluarkan ponsel dari air dan letakkan di sebuah toples berisi silica gel di dalamnya. Tutup rapat dan biarkan semalaman. Hasilnya, beberapa orang mengklaim, benda tersebut mampu menyerap kelembaban sekitar 40 persen.

2. Melindungi Foto-Foto Lawas
Kebanyakan dari kita menyimpan album-album foto di lemari, di rak atau di gudang yang cenderung lembab. Cara penyimpanan seperti itu bisa membuat foto-foto kenangan indah Anda bersama orang tercinta, rusak serta luntur karena lengket. Agar hal-hal yang menjengkelkan tersebut tidak terjadi, cobalah letakkan silica gel di antara foto album milik Anda atau di kotak penyimpanannya.

3. Menghilangkan Kabut Kaca
Tak sempat membersihkan kaca mobil di pagi hari atau setelah terkena hujan? Cobalah untuk meletakkan beberapa silica gel di dekat kaca depan mobil. Ini merupakan cara efektif untuk menghilangkan kabut pada kaca mobil.

4. Mencegah Karatan
Meletakkan alat cukur di dalam kamar mandi bukanlah hal yang baik,karena kamar mandi adalah tempat lembab. Oleh karena itu, kerap kita jumpai alat cukur berkarat dan tidak bisa digunakan lagi.

Ubahlah cara penyimpanan Anda dengan meletakkan alat cukur di sebuah wadah dan berikan beberapa silica gel ke dalamnya. Dijamin, pisau cukur Anda akan lebih awet dan tidak karatan.

5. Mencegah Jamur
Jika tas atau sepatu Anda kerap terkena air hujan dan selepas itu berbau apek, tandanya jamur mulai berkembang biak di dalamnya. Untuk menghindari jamur dan bakteri, Anda bisa meletakkan beberapa sachet silica gel ke dalam tas atau sepatu. (Afroh Ellyfa/JIBI/Solopos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya