SOLOPOS.COM - Kepler 452b (Mirror.co.uk)

Hasil penelitian dari NASA menyebutkan bahwa mereka menemukan planet kembaran Bumi.

Solopos.com, SOLO – Setelah beberapa hari menunggu konfirmasi, akhirnya NASA (National Aeronautics and Space Administration) mengeluarkan pernyataan yang membenarkan temuan planet kembaran Bumi. Planet tersebut diberi nama Kepler 452b.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dilansir Mirror.co.uk, Kamis (23/7/2015), Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat tersebut berhasil menemukan Bumi baru melalui Program Teleskop Luar Angkasa Kepler. Program tersebut diluncurkan NASA tahun 2009 khusus mencari planet laik huni baru.

Kepler 452b merupakan Exoplanets yang diyakini dapat digunakan manusia untuk bermukim. Planet itu memiliki jarak ideal dari bintang utamanya, tidak membahayakan manusia, dan berumur lebih tua dari Bumi.

“Kepler 452b telah menghabiskan enam miliar tahun untuk mengorbit. Itu berarti Kepler 452b berusia lebih tua dari Bumi kita,” ungkap pejabat NASA, Jon Jenkins.

“Kepler 452b memiliki massa lima kali lebih berat, memiliki lapisan atmosfer lebih tebal, dan awan lebih banyak dari Bumi. Planet itu juga memiliki gunung-gunung berapi yang sangat aktif,” lanjutnya.

Penemuan Kepler 452b tersebut merupakan terobosan besar di bidang ilmu pengetahuan. Hal tersebut diharapkan bisa memicu penemuan-penemuan yang tak kalah hebat.

“Penemuan ini mencakup bidang yang cukup luas. Seluruh orang yang terlibat dalam penemuan ini perlu menjaga tingkat antusias dan desain program yang telah dimiliki. Jika hal itu dipertahankan atau ditingkatkan, bukan hal yang mustahil memecahkan isu manusia hidup di planet selain Bumi,” ucap ahli Astrofisika dari Cambridge University, Professor Didier Queloz.

Sejauh ini, Kepler 452b merupakan Exoplanets yang berciri paling mirip seperti Bumi. Planet tersebut juga menerima paparan energi yang sama seperti Bumi dapatkan. (Guruh Putra Tama/JIBI/Solopos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya