SOLOPOS.COM - Ilustrasi makan di pesawat (Mirror.co.uk)

Hasil penelitian kali ini mengulas tentang faktor yang membuat makanan di pesawat tak lezat.

Solopos.com, NEW YORK — Ada anggapan, makanan di pesawat terbang terasa hambar dan tidak lezat. Terkait dengan itu, ada sejumlah ahli yang melakukan penelitian.

Promosi Era Emas SEA Games 1991 dan Cerita Fachri Kabur dari Timnas

Menurut pendapat sejumlah ahli dalam Journal of Experimental Psychology: Human Perception and Performance, faktor yang memengaruhi cita rasa makanan saat di pesawat adalah tingkat kebisingan alat transportasi udara tersebut.

Pasalnya, kebisingan di pesawat diyakini bisa mengganggu kenikmatan seseorang saat makan.

Psikolog di Amerika Serikat (AS) yang tak disebutkan namanya, meneliti pengaruh kebisingan selama penerbangan pada lima rasa dasar pada makanan.

Dilansir Mirror, Rabu (11/11/2015), penelitian tersebut melibatkan 48 peserta. Lima rasa dasar yang menjadi objek penelitian adalah manis, asin, asam, pahit, dan gurih.

Setiap rasa diuji dengan tiga tingkat kebisingan yang berbeda. Mulai dari kebisingan normal hingga kebisingan tingkat tinggi.

Hasilnya, kebisingan tidak berpengaruh pada rasa asin, pahit, dan asam. Namun, kebisingan bisa memengaruhi rasa manis dan gurih.

Sementara itu, ahli dari Cornell University, Kimberly Yan berkata,“Hasil ini menunjukkan bahwa kenikmatan makanan maskapai dapat dinilai secara konsisten lebih rendah dari yang diharapkan karena kebisingan yang meredam persepsi rasa manis.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya