SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Thedailybeast.com)

Hasil penelitian mengungkapkan ada lima suara yang paling dibenci manusia di dunia.

Solopos.com, SOLO – Dalam kehidupan sehari-hari pasti selalu ada beberapa suara yang membuat seseorang menjadi tidak nyaman bahkan benci. Hasil penelitian mengungkapkan ada sejumlah suara yang paling dibenci manusia. Suara apa sajakah itu?

Promosi Keturunan atau Lokal, Mereka Pembela Garuda di Dada

Hasil penelitian menyebut saat mendengar suara yang memekakkan telinga, secara otomatis bagian pengontrol emosi bernama Amygdala di dalam otak akan menstimulasi perasaan seseorang untuk membenci suara tersebut.

Saat seseorang sudah membencinya, pada kesempatan lain saat orang itu mendengarkan suara yang sama walaupun tidak terlalu keras, ia akan langsung menghindarinya.

Sebagaimana dirangkum Solopos.com, Minggu (18/1/2015), situs Buzzhunt mengungkap suara yang paling dibenci manusia:

Bor Listrik dan Gerinda
Dengungan yang dihasilkan bor listrik dan gerinda dinilai sangat memekakkan telinga. Dengungan yang dihasilkan kedua alat tersebut dapat menyebabkan seseorang marah-marah tanpa sebab. Dampak lain dari suara bor listrik dan gerinda adalah menyebabkan seseorang kesulitan dalam berkonsentrasi. Selain bor listrik dan gerinda, benda yang mehasilkan suara yang serupa adalah mesin blender dan hairdryer.

Tangisan Bayi dan Jeritan Wanita
Dalam video tersebut dijelaskan suara tangisan bayi dan jeritan wanita memiliki frekuensi yang hampir sama. Frekuensi tinggi itu oleh otak secara otomatis dianggap sebagai sesuatu yang dibenci karena mengundang perasaan khawatir dan panik.

Gesekan di Papan Tulis
Berbeda dengan suara-suara lain, suara gesekan di papan tulis biasanya tidak bersuara terlalu keras. Meski demikian, suara itu tetap menjadi salah satu suara yang sangat dihindari. Suara ngeres itu menimbulkan sesuatu yang membuat otak manusia menjadi tidak nyaman dan dapat menstimulasi munculnya rasa marah. Salah satu contohnya adalah suara gesekan kapur dan papan tulis yang berlangsung terus menerus ataupun kuku yang digarukkan pada papan tulis.

Decitan Rem
Suara decitan rem merupakan suara paling dibenci berikutnya versi Buzzhunt. Dalam video yang diunggahnya, dijelaskan suara decitan rem mampu menstimulasi otak mengeluarkan respon seperti saat mendengar tangisan bayi dan dan bor listrik secara bersamaan.

Selain memiliki frekuensi yang tidak nyaman di telinga, bunyi decitan rem membuat seseorang merasa panik dan was-was. Hal tersebut dikarenakan di alam bawah sadar manusia, bunyi decitan rem sangat akrab dengan kecelakaan kendaraan bermotor.

Gesekan Pada Botol
Suara yang paling dibenci manusia yang terakhir adalah suara gesekan pada botol kaca. Apapun alat yang digunakan, telinga akan menganggap suara gesekan itu sebagai sesuatu yang menyebalkan. Beberapa yang sering dijumpai saat menggesekkan pada botol adalah pisau, garpu dan penggaris. Hasil penelitian menyebutkan otak akan merespon suara tersebut seperti merespon gesekan pada papan tulis. Hanya saja suara gesekan botol masih lebih dapat ditoleransi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya