SOLOPOS.COM - Ilustrasi otak (JIBI/Solopos/Antara)

Hasil penelitian dari Monas University Australia menunjukkan perbedaan otak orang rasioal dan emosional.

Solopos.com, SYDNEY — Peneliti dari Monash University Australia menekukan perbedaan mendasar orang seseorang yang cenderung rasional dan emosional.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Mereka menemukan bukti, anatomi otak seseorang akan menentukan apakah dia memiliki kecenderungan untuk menjadi rasional atau emosional.

Softpedia sebagaimana dikutip Okezone, Selasa (21/7/2015), menyebutkan fokus penelitian ini dilakukan oleh tim Robert Eres bersama rekan-rekannya. Mereka meneliti bagaimana orang bereaksi terhadap perasaan orang lain. Sehingga itu membuat seseorang akan terpengaruh (tersentuh) perasaannya, atau lebih memilih untuk bertindak secara blak-blakan.

“Orang yang memiliki tingkat empati afektif tinggi (emosional) lazimnya berperilaku seperti, ikut menangis saat menonton tayangan yang mengharukan, atau bergidik saat ketakutan,” ucap Robert.

Sedangkan, lanjut Robert, mereka yang memiliki empati kognitif tinggi, adalah mereka yang biasanya bersikap lebih rasional ketika berhadapan dengan dengan perasaan orang lain.

Tidak hanya menjelaskan mengenai karakteristik dan kecenderungan seseorang, tim juga memetakan distribusi materi abu-abu (grey matter) di dalam responden yang berjumlah sekitar 176 orang. Mereka menemukan orang dengan kecenderungan empati afektif (emosional) memiliki kepadatan neuron yang lebih besar, di daerah otak yang dikenal dengan nama insula.

Adapun mereka yang menunjukan kecenderungan empat kognitif, memiliki kepadatan neuron yang lebih besar di wilayah otak lain, yakni korteks midcingulate.

Para peneliti menyimpulkan, tindakan emosional dan rasional seseorang dipengaruhi oleh anatomi otak dan materi abu-abu yang ada di otaknya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya