SOLOPOS.COM - Ilustrasi mencuci ayam (foodsafetybrazil.com)

Solopos.com, SOLO – Sebagian besar orang tentu menganggap mencuci daging ayam sebelum dimasak merupakan salah satu cara untuk membuang kotoran yang masih menempel di daging ayam. Tapi menurut penelitian terbaru justru mengungkapkan kebiasaan mecuci ayam sebelum memasak dapat membahayakan kesehatan.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Food Standard Agency (FSA) Inggris, mencuci ayam sebelum memasaknya dapat meningkatkan penyebaran bakteri yang dapat berakibat fatal bagi kesehatan. Bakteri campylobacter yang terdapat pada ayam seringkali memercik ke permukaan dapur dan peralatan masak maupun saat proses memasak sehingga membuat bakteri tersebut cepat menyebar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dikutip Daily Mail, Senin (16/6/2014), di Inggris, bakteri campylobacter merupakan penyebab sebagian besar kasus keracunan. Setiap tahunnya bakteri ini dapat menjangkiti sekitar 280.000 orang. Yang paling mengejutkan, penemuan bakteri campylobacter sebagian besar ditemukan pada ayam yang dijual di supermarket.

Ekspedisi Mudik 2024

Menurut survei tersebut, lebih dari sepertiga orang yang disurvei mengatakan bahwa mereka mencuci ayam adalah untuk menyingkirkan kuman, sementara sepertiga lainnya mengatakan untuk menghilangkan kotoran yang masih menempel.

Tapi menurut FSA langkah ini merupakan sebuah kesalahan yang harus segera dihentikan. Mereka memperingatkan bahwa mencuci ayam bisa menyebarkan penyakit yang dapat menjangkiti seseorang yang melakukan kontak langsung dengan ayam tersebut.

Kepala eksekutif FSA, Catherine Brown mengatakan, “campylobacter merupakan masalah serius yang dapat menyebabkan penyakit serius. Tak hanya menyebabkan penyakit parah, tapi juga menelan biaya pengobatan yang tak sedikit.”

Terkena bakteri campylobacter dapat menyebabkan sakit perut, diare berat dan muntah. Selalu mencuci tangan setelah menyentuh ayam mentah serta memastikan daging ayam dimasak dengan matang merupakan salah satu cara menghindari terkenanya bakteri ini.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya