SOLOPOS.COM - Ilustrasi orang kidal (Detik.com)

Hasil penelitian kali ini membahas fakta tersembunyi seputar orang kidal.

Solopos.com, SOLO — Kebanyakan orang melakukan aktivitas sehari-hari menggunakan tangan kanan. Hanya sekitar 10 persen populasi dunia yang beraktivitas menggunakan tangan kiri atau kidal.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Bagi sebagian masyarakat, melihat orang kidal biasanya akan kagum dan penasaran mengenai asal-usul kebiasaan tersebut. Seperti menggunakan gunting, menulis, bermain biola menggunakan tangan kiri.

Penyebab orang kidal hingga kini masih menjadi perdebatan di kalangan para ahli, yang jelas kebiasaan kidal terjadi karena gen bawaan dan lingkungan.

Meski demikian, ternyata terdapat fakta-fakta menarik tentang orang kidal. Berikut Solopos.com hadirkan lima fakta orang kidal.

Lebih Kreatif
Menurut majalah Women’s Health, Sabtu (13/2/2016), orang yang beraktivitas dengan tangan kidal biasanya lebih kreatif. Hal ini disebabkan aktivasi otak mereka didominasi oleh otak kanan yang notabene berhubungan dengan kreativitas dan imajinasi. Tak heran jika orang bertangan kidal mahir menggambar, bermain musik, dan seni peran.

Lebih Cerdas
Meski didominasi otak kanan, kebanyakan orang kidal memiliki IQ tinggi mengenai analisis dan strategi. Hal ini diungkapkan peneliti asal St. Lawrence University, Alan Searleman. Ia berpendapat, orang kidal memiliki memori taktis yang cukup besar, terkadang mereka juga beraktivitas menggunakan anggota gerak kanan sehingga keduanya seimbang.

Lebih Pemarah
Menurut Journal of Nervous and Mental Disease, orang dengan tangan kidal lebih emosional daripada orang yang tidak kidal. Hasil tersebut bisa dilihat, ketika orang kidal dipaksakan beraktivitas menggunakan tangan kanan oleh pihak-pihal tertentu. Oleh karena itu, orang kidal biasanya lebih memilih menyendiri agar emosinya tak naik.

Pintar Olahraga
Sementara itu, dilansir Huffington Post, orang kidal memiliki keunggulan dalam permainan bisbol, tenis, bulu tangkis, dan tinju. Atlet bulu tangkis Tiongkok, Lin Dan, petenis Rafael Nadal serta Pegolf Phil Mickelson merupakan atlet hebat bertangan kidal dan mampu memberikan permainan hebat saat bertanding. (Afroh Ellyfa/JIBI/Solopos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya