SOLOPOS.COM - Ilustrasi lapisan Bumi (Toptenz.net)

Hasil penelitian biota laut ini mempunyai manfaat menyejukkan Bumi. 

Solopos.com, SOLO – Hewan laut terkenal memiliki banyak manfaat bagi manusia. Hasil penelitian terbaru menyebutkan salah satu biota laut dapat mengubah cuaca di Bumi menjadi lebih sejuk.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dilansir Foxnews.com, Senin (27/7/2015), para peneliti dari University of Washington mengungkapkan perubahan cuaca itu disebabkan oleh Phytoplankton. Biota laut yang termasuk dalam keluarga plankton itu juga memiliki peran penting dalam menjaga kehidupan di laut.

Phytoplankton mengubah sinar matahari yang mereka terima untuk tumbuh dan berkembang. Dengan cara kerja itu, Phytoplankton berhasil mengurangi jumlah paparan sinar matahari yang diterima awan-awan di daerah tertentu.

Jumlah paparan sinar matahari yang ideal mempengaruhi awan untuk memproduksi senyawa khusus. Senyawa khusus itu berfungsi menghalau sinar matahari untuk dipantulkan lagi oleh lapisan atmosfer.

Menjaga biota laut itu tetap lestari menjadi sangat penting bagi manusia. Tak hanya itu, manusia juga harus turut andil menjaga lingkungan.

“Manusia perlu menyadari bahwa awan-awan di langit sudah tercemar. Manusia perlu menjaga awan tetap cerah, bahkan membuatnya lebih cerah lagi,” ungkap Ketua penelitian tersebut, Daniel McCoy. (Guruh Putra Tama/JIBI/Solopos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya