SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Solopos/Dok.)

Solopos.com, WONOGIRI-Calon anggota legislatif asal PDIP, Bambang Wuryanto meraih suara terbanyak dalam pemilu 9 April. Bambang Wuryanto yang akrab dipanggil Bambang Pacul itu memperoleh 67.097 suara mengungguli dua caleg yang bertempat tinggal di Wonogiri, yaitu Hamid Noor Yasin dan Endang Maria Astuti.

Caleg asal PKS Hamid Noor Yasin menempati urutan kedua dengan perolehan 38.619 suara dan caleg Partai Golkar, Endang Maria Astuti meraih 22.831 suara. Ketua KPU Wonogiri, Mat Nawir, Selasa (22/4/2014) mengatakan, pihaknya belum bisa memprediksi caleg yang berhak atas kursi DPR. “Kami akan berkoordinasi dengan KPU Karanganyar dan KPU Sragen terlebih dahulu.”

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurutnya, Kabupaten Wonogiri, Karanganyar dan Sragen menjadi satu daerah pemilihan. Karenanya, ujarnya, perolehan suara di tiga kabupaten sangat berpengaruh bagi seorang caleg. “Bisa jadi, caleg yang memperoleh suara terbanyak di Wonogiri tergeser dengan caleg lain jika di dua kabupaten lain perolehan suara sedikit. Sebaliknya, caleg yang memperoleh suara kecil di Wonogiri bisa mendapatkan kursi DPR jika perolehan suara di dua kabupaten itu cukup tinggi.”

Mat Nawir mengatakan, penentuan dan penetapan kursi DPR dijadwalkan dilaksanakan 9-11 Mei. “Penetapan kursi DPRD Provinsi dijadwalkan pada 7-9 Mei kemudian dilanjutkan dengan pleno penetapan kursi DPR.”

Sebelumnya, Ketua DPC PDIP Wonogiri, Joko Sutopo ditemui Espos saat mengikuti rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara, Senin (21/4) dinihari, mengatakan, PDIP meraih tiga kursi DPR. “Pak Bambang Wuryanto menempati tiga besar sehingga berpeluang menempati satu dari tiga kursi PDIP di Senayan.”

Sementara itu, caleg asal PKS, Hamid Noor Yasin belum berani berkomentar banyak. dia menyatakan masih menunggu penetapan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) sedangkan Endang belum bisa dikonfirmasi. Hamid, saat dihubungi Espos, Senin (21/4), mengaku rapat di Jakarta. “Rapat pleno KPU tingkat kabupaten/kota baru selesai. Kami masih menunggu serangkaian agenda penetapan jadi saya belum bisa berkomentar banyak. Namun, bagi kami ini (menjadi anggota DPR) adalah anugerah dari Allah SWT dan amanah seluruh kader, pengurus dan struktural partai, tim sukes serta seluruh rakyat Wonogiri, Karanganyar dan Sragen.”

Hamid yang kini menjabat Wakil Ketua DPRD Wonogiri menegaskan, Bupati dan jajaran sudah maksimal bekerja dalam mengentaskan tujuh masalah pokok di daerah. “Beberapa masalah pokok masih menjadi pekerjaan rumah yang meski diselesaikan. Untuk itu nanti, kami akan bersinergi dengan Bupati dan jajaran Pemkab Wonogiri untuk mempercepat akselerasi pembangunan dan program pokok Pemkab Wonogiri, terutama yang berkaitan dengan kesejahteraan rakyat.”

Ditegaskan oleh Hamis, dalam tradisi politik PKS, tidak ada kalah dan menang. “Yang mendapatkan kepercayaan dari rakyat berarti sudah ditakdirkan Allah SWT untuk brkiprah di mimbar parlemen sedangkan bagi caleg yang belum lolos pengorbanan, perjuangan dan pengabdianya menjadi amal shaleh dan bagian ikhtiar untuk membesarkan PKS.”

Hamid berjanji, jika amanah menjadi anggota DPR berada di pundaknya akan berusaha dan berbuat maksimal menjadi pelayan masyarakat di tiga kabupaten. “Doakan kami tetap istiqomah, amanah, jujur, pedulidan profesional mengabdi untuk negeri.”

Caleg Partai Golkar asal Wonogiri yang dikabarkan lolos menjadi DPR RI, Endang Maria saat dihubungi Espos terdengar nama sambung namun tak diangkat. Terpisah, Bupati Wonogiri, Danar Rahmanto, menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat kepada wakil rakyat Wonogiri yang berlenggang di Senayan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya