SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemungutan suara pemilu (JIBI/Solopos/Dok.)

Solopos.com, SUKOHARJO-Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar simulasi rapat pleno terbuka perolehan suara dan kursi partai politik (parpol) serta penetapan calon terpilih anggota DPRD Sukoharjo Pemilu 2014 di kantor setempat, Senin (12/5/2014).

Agenda rapat pleno tersebut rencananya digelar di Hotel Brothers, Solo Baru, Sukoharjo, Selasa (13/5). Pantauan Solopos.com, Senin, lima komisioner KPU, yaitu Kuswanto, Mulat Bayu Aji, Yulianto Sudrajat, Ahmad Muladi dan Nuril Huda menggelar simulasi di ruang tengah kantor setempat Senin siang.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Mereka mencoba membacakan formulir yang akan menjadi bagian mereka masing-masing. Dalam kesempatan itu, KPU juga memprediksi waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan pembacaan penetapan. Mereka memprediksi, seluruh agenda rapat pleno bisa selesai dalam waktu sekitar 4,5 jam.

Ketua KPU Sukoharjo, Kuswanto, saat ditemui wartawan seusai simulasi, mengatakan rapat pleno terbuka dipastikan akan digelar Selasa. Untuk itu, KPU berusaha mempersiapkan hal itu dengan sebaik-baiknya, salah satunya dengan simulasi seperti yang sudah ia lakukan. “Setelah ditetapkan, KPU akan segera mengumumkan hasil penetapan kepada publik,” kata dia.

Ia menjabarkan, pemberitahuan dan pengumuman tersebut akan dilakukan pada 12-18 Mei 2014. Bentuk pemberitahuan adalah mengirim surat resmi kepada caleg terpilih melalui parpol terkait. “Pemberitahuan kepada caleg bersangkutan akan dikirim melalui parpol terkait,” ujar dia.

Menurutnya, agenda rapat pleno terbuka tersebut akan dimulai pukul 08.30 WIB. KPU mengundang penitia pemilu kecamatan (PPK), Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Sukoharjo, para pimpinan parpol dan saksi, Muspida Sukoharjo dan dinas serta instansi terkait.

“Sesuai tahapan Pemilu 2014, pengucapan sumpah janji DPRD periode 2014-2019 akan digelar pada Juli-November 2014. Tanggal pasti menunggu keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Anggota DPRD akan dilantik Gubernur atas nama Presiden RI,” terang dia.

Pada bagian lain, komisioner KPU Sukoharjo, Mulat Bayu Aji, saat ditemui Espos, Senin, mengatakan pihaknya tengah melakukan verifikasi data pemilih untuk Pemilu Presiden (Pilpres) 2014. Menurutnya, KPU Sukoharjo memberdayakan panitia pemungutan suara (PPS) untuk mendata para pemilih.

“Kami jalan terus. Prosesnya masih berlangsung. Para PPS mengecek daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP) di wilayah mereka masing-masing,” papar dia.

Inilah 45 Caleg DPRD Sukoharjo
1. Partai Nasdem : 2 kursi
Dapil 1 : Martono,S.Pd
Dapil 5 : Supardiyanto

2. PKB : 3 kursi
Dapil 1 : H.Suhardi,SE
Dapil 2 : Agus Ismail,S.Ag
Dapil 3 : Drs.Sunardi,MM

3. PKS : 1 kursi
Dapil 3 : Moch.Samrodin,SE

4. PDI Perjuangan : 22 kursi
Dapil 1(5) : KMA Dina Putri Prihatini,SH, Nurjayanto,SP, Umi Sunarsih, Dra.Hj. Titik Murtini, Slagen Abu Gorda,SE
Dapil 2(4) : Sutomo, Wahyu Mulyani,AMd, Dra.Hj.Sri Harminingsih,MSi, Sriyanto,SH
Dapil 3 (6) : H. Danur Sri Wardhana,ST, Endra Gunawan Wibisono,SE, Wawan Pribadi,S.Sos,Parwanto, Dra. Flaviana ST, M.Pd, Bambang Santoso,SE
Dapil 4 (3) : Syarief Hidayatullah,SH, H.Sukardi Budi Martono,SH, Drs.Timbul Darmanto
Dapil 5 (4) : Dahono Marlianto,SE, Purwadi,SE,MM, H.Idris Sarjono,SH, Hj.Sri Prapti Mulyani

5. Partai Golkar : 5 kursi
Dapil 1 : Agus Sumantri,SH,Sp.N,MM
Dapil 2 : Giyarto,SH,MH
Dapil 3 : Drs. Mulyadi
Dapil 4 : Jaka Wuryanta,SH
Dapil 5 : Sarjono SM,SE

6. Partai Gerindra : 5 kursi
Dapil 1 : Nikolaus Roni Setiawan
Dapil 2 : Hardi Widodo
Dapil 3 : Joko Nugroho
Dapil 4 : Yoshua Sindhu Riyanto,SH
Dapil 5 : Eko Sapto Purnomo,SE

7. Partai Demokrat : 2 kursi
Dapil 1 : Sugeng Purwoko,SH
Dapil 3 : H. Sunarsa,SE

8. PAN : 5 kursi
Dapil 1 : H.Heri Purwanto
Dapil 2 : Narno Raharjo
Dapil 3 : Sunoto,SH
Dapil 4 : Suryadi,SE,SH,MM
Dapil 5 : Abu Bakar
Sumber: KPU Sukoharjo

Sumber: KPU Sukoharjo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya