SOLOPOS.COM - Ilustrasi rekapitulasi perhitungan suara (JIBI/Dok)

Solopos.com, SOLO—Konstelasi politik pemilu legislatif (pileg) di Daerah Pemilihan (Dapil) Jebres, Solo berdasarkan hasil real account di Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Jebres berubah. Sejumlah calon anggota legislatif (caleg) yang diprediksi melenggang ke Gedung DPRD Solo kemungkinan bakal kandas.

Caleg incumbent Sony Warsito dan Nindita Wisnu Broto berada pada posisi mengkhawatirkan. Berdasarkan data real account di Panwascam Jebres, per Selasa (15/4/2014) pukul 17.00 WIB, total suara sah dari 359 tempat pemungutan suara (TPS) di Kecamatan Jebres mencapai 77.943 suara. Total suara sah itu dihimpun dari berita acara dalam formulir C1 dan data perolehan suara plano yang diterima para Pengawas Pemilu Lapangan (PPL).

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Ketua Panwascam Jebres, Muh. Muttaqien, saat ditemui Solopos.com di kediamannya, Selasa siang, mengatakan berdasarkan jumlah suara sah dibagi dengan 11 kursi di Dapil Jebres ditemukan angka bilangan pembagi pemilih (BPP) senilai 7.086 suara. Nilai kursi yang mahal di wilayah Solo. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mendapatkan suara total 43.630 suara. Berdasarkan perolehan suara itu, PDIP yang semula diprediksi mendapat tujuh kursi hanya akan mendapat enam kursi dengan sisa suara 1.116 suara.

Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Solo mampu mendapatkan suara melebihi BPP, yakni 7.851 suara. Otomatis Gerindra mendapat satu kursi yang diperuntukkan bagi caleg dengan perolehan suara terbanyak, yakni M. Irawan Purnomo. Perolehan kursi Gerindra sesuai dengan prediksi awal. Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tetap dengan prediksi semula, yakni satu kursi dengan total suara 4.294 suara. Satu kursi PKS itu bakal diberikan kepada Ketua DPD PKS Solo, Sugeng Riyanto.

Ekspedisi Mudik 2024

Demokrat Satu Kursi

Partai Demokrat juga tetap mendapat satu kursi sesuai prediksi sebelumnya dengan bermodal 3.988 suara. Hanya saja, prediksi caleg yang bakal jadi bukanlah Nindita Wisnu Broto, melainkan Suranto. Partai Golkar yang sebelumnya diperkirakan tak mendapat satu kursi pun di dapil ini, ternyata bisa meraih satu kursi dengan modal 4.082 suara.

“Golkar ini yang jadi kemungkinan besar Bambang Triyanto. Partai Amanat Nasional (PAN) juga tetap sesuai prediksi semula, yaitu dapat satu kursi. PAN mendapat4.345 suara. Satu kursi itu tetap untuk Umar Hasyim,” tegas Muttaqien.

Menurut Muttaqien, pihaknya semula memprediksikan caleg dengan perolehan suara terendah dari PDIP Sony Warsito akan mendapatkan satu kursi. Namun, dengan perolehan suara yang ada yang tersisa 1.116 suara, kata dia, tidak mampu mengangkat Sony untuk mendapatkan kursinya kembali di Gedung Dewan.

“Saya kira data yang kami himpun ini sudah final. Tinggal menunggu hasil rekapitulasi di tingkat PPK yang sudah berlangsung sejak Senin lalu. Mudah-mudahan tidak ada perubahan data yang signifikan,” tuturnya.

Sementara itu, sejumlah tim sukses mendatangi Sekretariat Panwascam Jebres untuk meminta data terkait hasil rekapitulasi perolehan suara per caleg. Ketua DPD PAN Solo, Umar Hasyim, pun mengutus tim suksesnya untuk meminta data ke Panwascam Jebres. “Saya optimistis jadi, karena suara PAN di Jebres itu di atas 4.000 suara,” tegasnya.

Proyeksi Penghitungan Kursi di Dapil Jebres

Prediksi BPP       : 7.086 suara

Suara sah             : 77.943 suara

Jumlah kursi       : 11 kursi

No          Nama Caleg                        Parpol   Jumlah suara

1              Y.F. Sukasno                        PDIP      7.628 suara

2              Honda Hendarto              PDIP      5.189 suara

3              Hery Jumadi                       PDIP      3.341 suara

4              Putut Gunawan                                PDIP      2.621 suara

5              Elizabeth Pudjingati        PDIP      2.416 suara

6              Yulianto Indratmoko       PDIP      2.403 suara

7              M. Irawan Purnomo       P. Gerindra         1.905 suara

8              Umar Hasyim                     PAN       1.654 suara

9              Sugeng Riyanto                 PKS        1.679 suara



10           Bambang Triyanto           P. Golkar              1.284 suara

11           Suranto                                P. Demokrat       1.392 suara

Sumber: Panwascam Jebres, Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya