SOLOPOS.COM - Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Polokarto menggelar rekapitulasi suara di aula kantor pemerintah kecamatan setempat, Minggu (13/4/2014). (Ivan Andimuhtarom/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SUKOHARJO — Proses rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2014 oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Polokarto masih berlangsung, Minggu (13/4/2014) siang, namun, berbagai prediksi menyebut Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mendominasi perolehan suara di kecamatan tersebut. Bahkan, sesuai penghitungan Panwascam Polokarto, PDIP diprediksi meloloskan empat calegnya di Daerah Pemilihan (Dapil) V (Polokarto, Mojolaban) ke DPRD Sukoharjo.

Ketua PPK Polokarto, Sudartanto, ketika ditemui wartawan, Minggu, mengatakan mulai menerima rekapitulasi perolehan suara dari panitia pemungutan suara (PPS) sejak Jumat (11/4/2014). Pihaknya mulai menggelar rekapitulasi tingkat kecamatan, Minggu. “Kami mulai pukul 08.30 WIB. Menurut perhitungan saya, satu desa bisa selesai direkap dalam 45 menit,” kata dia.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Hingga pukul 13.00 WIB, PPK Polokarto baru menyelesaikan rekap hasil pemungutan suara di empat desa. Sudartanto optimistis rekap PPK bisa selesai hari itu juga. “Saya prediksi rekap selesai pukul 22.00 WIB. Kami harus merekap data dari 17 desa di Polokarto,” terang dia.

Ekspedisi Mudik 2024

Hasil rekap itu akan langsung dikirim ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo berikut berita acara (formulir) model DA. Ia berkomitmen menyerahkan hasil rekap itu seusai pleno PPK. Terkait penghitungan sementara yang sudah ia lakukan, ia mengatakan PDIP unggul di Polokarto. “PDIP dapat 23.601, PAN dapat 4.800, Partai Nasdem dapat 3.800. Lalu disusul Partai Golkar. Tapi hitungan itu bersifat sementara. Hasil pasti akan diketahui setelah rapat pleno PPK,” jelas dia.

Dalam proses rekap perolehan suara itu, Panwascam Polokarto meminta PPK menghitung ulang suara caleg PAN, Abu Bakar, di Kenokorejo. Panwascam mendapat laporan adanya perbedaan jumlah suara antara formulit C1 di KPPS dengan D1 di PPS. Menanggapi hal itu, Ketua PPK mengatakan penghitungan suara untuk Desa Kenokorejo akan dilanjutkan setelah permasalahan dengan PPS diselesaikan. “Kami menerima data dari PPS. Kalau ada komplain seharusnya di tingkat PPS. Tapi ini masih bisa dibenahi. Data-data juga masih ada,” terang dia kepada wartawan.

Ketua Panwascam Polokarto, Zailani, ketika dijumpai Espos di kantornya, Minggu, mengatakan berdasarkan hitungan kasar oleh Panwascam di Polokarto dan Mojolaban ada 85.384 suara sah. Perinciannya, di Polokarto ada 45.820 suara sah. Sedangkan di Mojolaban ada 39.384 suara sah. “Kalau dihitung [dengan alokasi delapan kursi untuk Dapil V, satu kursi DPRD Sukoharjo bernilai 10.673 suara,” papar dia.

Dengan demikian, PDIP yang memperoleh 44.969 suara mendapatkan empat kursi. “Itu masih sisa 2.267 suara,” kata dia.

Caleg yang diprediksi melenggang ke DPRD adalah Dahono Marlianto (PDIP), Sri Prapti Mulyani (PDIP),  Purwadi (PDIP), Idris Sarjono (PDIP), Eko Sapto Purnomo (Partai Gerindra), Sardjono (Partai Golkar), Abu Bakar (PAN), Supardiyanto (Partai Nasdem).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya