SOLOPOS.COM - Sejumlah warga memberikan hak suaranya saat digelar pemilihan ulang untuk Pemilu Legislatif (Pileg) 2014 DPRD Kabupaten Sragen di TPS 7 Desa Gabugan, Tanon, Kamis (10/4). Pemilihan ulang dilakukan lantaran saat pileg digelar, Rabu (9/4), terdapat kesalahan surat suara di sejumlah TPS di Gabugan. (JIBI/Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, SUKOHARJO-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukoharjo akhirnya mengeluarkan rekapitulasi sementara penghitungan suara Pemilu 2014. Rekap tersebut dibuat untuk menjawab rasa penasaran publik pada hasil perolehan suara calon anggota legislatif (caleg) dan partai politik (parpol).

Komisioner KPU Sukoharjo, Yulianto Sudrajat, ketika ditemui wartawan di ruang kerjanya, Senin (14/4/2014), mengatakan rekapitulasi tersebut dilakukan menggunakan data dari panitia pemungutan suara (PPS). Pihaknya memang kesulitan merekap hasil Pemilu dari form C1 yang berasal dari kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kemarin-kemarin, kami konsentrasi memindai C1 untuk dikirim ke server KPU Pusat. Memang agak lama kami melakukan rekap. Tapi hasil sementara bisa dilihat masyarakat di papan pengumuman KPU Sukoharjo mulai hari ini,” paparnya.

Menurutnya, data yang diperbarui per 14 April 2014 itu memuat sekitar 60 persen data dari keseluruhan data di lapangan. KPU melakukan hitung sementara untuk memberi informasi kepada publik. “Rekap itu bersifat sementara. Data terus berkembang. Besok akan kami update lagi,” ujarnya.

Ia menjelaskan, pada 13 April-17 April 2014, secara nasional dilakukan tahap rekapitulasi suara di tingkat panitia pemilu kecamatan (PPK). Sesuai laporan, PPK Polokarto dan Nguter sudah menggelar rekap pada Minggu (13/4).

“Hari ini ada rekap di PPK Bendosari, Grogol, Gatak, Tawangsari, Weru dan Bulu. Prinsipnya, hasil Pemilu tetap mengacu pada rekapitulasi manual,” kata dia.

Sementara itu, Ketua PPK Grogol, Sudarmadi, ketika ditemui Espos di kantor kecamatan setempat, Senin, mengatakan pihaknya menggelar rekapitulasi perolehan suara calon anggota legislatif (caleg) DPR, DPRD provinsi, DPRD kabupaten dan calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD), sejak pukul 09.00 WIB. Hingga pukul 12.00 WIB, PPK sudah menyelesaikan rekap suara caleg DPR dari empat desa. “Totalnya ada 14 desa di Grogol. Kami prediksi, rekap selesai Senin malam,” jelasnya.

Ia berpendapat, persaingan para caleg di Grogol cukup ketat. Pasalnya, Grogol menjadi satu-satunya kecamatan yang menjadi satu daerah pemilihan (dapil), yaitu Dapil IV.

“Lebih menarik lagi karena jumlah kursi DPRD yang diperebutkan berkurang. Tahun 2009 ada tujuh kursi. Sekarang jadi enam kursi,” terangnya.

Ia menyatakan belum berani menyebut nama-nama caleg yang berpotensi melenggang ke DPRD Sukoharjo sebelum rekap PPK selesai. Menurutnya, setelah rekap selesai, publik sudah bisa mengetahui nama caleg yang lolos dari Dapil IV.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya