SOLOPOS.COM - Sejumlah warga memberikan hak suaranya saat digelar pemilihan ulang untuk Pemilu Legislatif (Pileg) 2014 DPRD Kabupaten Sragen di TPS 7 Desa Gabugan, Tanon, Kamis (10/4). Pemilihan ulang dilakukan lantaran saat pileg digelar, Rabu (9/4), terdapat kesalahan surat suara di sejumlah TPS di Gabugan. (JIBI/Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, SUKOHARJO–Hasil penghitungan rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2014 oleh panitia pemilu kecamatan (PPK) di tingkat Kecamatan Polokarto memang belum selesai hingga Minggu (13/4/2014) siang. Namun, berbagai prediksi menyebut Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mendominasi perolehan suara di kecamatan tersebut. Bahkan, sesuai penghitungan Panwascam Polokarto, PDIP diprediksi berhasil meloloskan empat calegnya melenggang ke kursi DPRD Sukoharjo di Daerah Pemilihan (Dapil) V (Polokarto, Mojolaban).
Ketua PPK Polokarto, Sudartanto, ketika ditemui wartawan, Minggu, mengatakan pihaknya mulai menerima rekapitulasi Pemilu dari panitia pemungutan suara (PPS) sejak Jumat (11/4). Pihaknya lantas menggelar rekapitulasi tingkat kecamatan, Minggu. “Kami mulai pukul 08.30 WIB. Menurut perhitungan saya, satu desa bisa selesai direkap dalam 45 menit,” kata dia.

Hingga pukul 13.00 WIB, PPK Polokarto baru menyelesaikan rekap di empat desa. Sudartanto optimistis, rekap PPK bisa selesai hari itu juga. “Saya prediksi rekap selesai pukul 22.00 WIB. Kami harus merekap data dari 17 desa di Polokarto,” terangnya.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Lebih lanjut, hasil rekap tersebut akan langsung dikirim ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo berikut berita acara dengan model DA. Ia berkomitmen menyerahkan hasil rekap itu seusai pleno PPK. Terkait penghitungan sementara yang sudah ia lakukan, ia mengatakan PDIP unggul di Polokarto. Jumlah suara yang diraup partai berlambang moncong banteng tersebut menembus angka 23.000 suara.

“PDIP dapat 23.601, PAN dapat 4.800, Partai Nasdem dapat 3.800. Lalu disusul Partai Golkar. Tapi hitungan itu bersifat sementara. Hasil pasti akan diketahui setelah rapat pleno PPK,” jelasnya.

Agenda rekapitulasi suara di PPK terpaksa diskors beberapa waktu. Alasannya, Panwascam Polokarto meminta PPK menghitung ulang suara caleg PAN, Abu Bakar di Kenokorejo. Panwascam mendapat laporan adanya perbedaan jumlah suara antara formulit C1 di KPPS dengan D1 di PPS. Menanggapi hal itu, Ketua PPK mengatakan penghitungan suara Kenokorejo akan dilanjutkan setelah permasalahan dengan PPS diselesaikan.

“Kami menerima data dari PPS. Kalau ada komplain seharusnya di tingkat PPS. Tapi ini masih bisa dibenahi. Data-data juga masih ada,” terangnya kepada wartawan.

Sementara itu, Ketua Panwascam Polokarto, Zailani, ketika dijumpai Espos di kantornya, Minggu, menjelaskan pihaknya telah melakukan hitungan kasar hasil sementara Pemilu di Polokarto dan Mojolaban. Menurut dia, jumlah suara sah berjumlah 85.384. “Suara sah di Polokarto sebanyak 45.820. Sedangkan suara sah di Mojolaban berjumlah 39.384. Kalau dihitung, satu kursi DPRD Sukoharjo bernilai 10.673 suara,” papar dia.

Ia menjelaskan, hitungan itu didapat dari jumlah suara total Dapil V dibagi kursi yang tersedia, yaitu delapan kursi. Menurutnya, PDIP yang memperoleh 44.969 suara mendapatkan empat kursi. “Itu masih sisa 2.267 suara,” katanya.
Ia menambahkan, empat kursi DPRD lainnya diraih oleh caleg Partai Gerindra, Partai Golkar, PAN, dan Partai Nasdem. Ia menegaskan, hitungan tersebut adalah penghitungan sementara beserta prediksi dari Panwascam Polokarto.

Prediksi Caleg yang Lolos di Dapil V:
1. Dahono Marlianto (PDIP)
2. Sri Prapti Mulyani (PDIP)
3. Purwadi (PDIP)
4. Idris Sarjono (PDIP)
5. Eko Sapto Purnomo (Partai Gerindra)
6. Sardjono (Partai Golkar)
7. Abu Bakar (PAN)
8. Supardiyanto (Partai Nasdem)
Sumber: Panwascam Polokarto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya